5 Langkah Seduh Kopi Enak dengan French Press

Odilia WS - detikFood Selasa, 11 Agu 2020 07:00 WIB
Menyeduh kopi dengan French press Foto: iStock
Jakarta -

Menyeduh kopi dengan French press mudah dilakukan sendiri di rumah. Setiap saat kamu bisa ngopi enak. Caranya ikuti 5 langkah ini.

Sejak pandemi Corona banyak orang menyeduh kopi sendiri di rumah. Jika tak mau pakai manual brew, kamu bisa memakai French press. Alat ini bentuknya seperti gelas tinggi dengan tutup yang bisa ditekan seperti pompa.

Ukurannya tak memakan banyak tempat dan mudah digunakan. French press disebut juga cafetière, cafetière à piston, press pot, coffee press atau coffee plunger. Disebut French press karena ditemukan oleh dua orang Prancis Mayer dan Delforge dan dipatenkan tahun 1852.

Alat ini berupa wadah dari kaca atau stainless steel yang tinggi, sekitar 20-30 cm. Tutupnya dilengkapi dengan tuas yang bisa ditarik dan ditekan seperti pompa. Di bagian bawahnya ada saringan yang melekat pada tuas. Saringan akan ikut turun naik bersama tuasnya dan berfungsi untuk menyaring kopi bubuk atau teh yang diseduh.

French press kini ada beragam desain dan kualitas. Harganya cukup terjangkau. Kalau kamu penggemar kopi, menyeduh kopi dengan French press bisa kamu lakukan sendiri dan hasilnya tentu lebih memuaskan. Jika kamu ingin menyeduh kopi dengan French press, ikuti beberapa langkah yang dikutip dari beberapa sumber ini.

Manfaat ampas kopi untuk tanamanMenyeduh kopi dengan French press. Foto: iStock

1. Siapkan kopi bubuk

Tidak seperti mesin drip atau espresso, menyeduh kopi dengan French press sebenarnya mirip dengan menyeduh teh daun. Tidak memakai tekanan air panas atau didiamkan hingga air kopi menetes, proses penyeduhan dengan French press adalah merendam.

French press dilengkapi dengan saringan yang tinggal ditekan. Saringan ini bukan untuk memberi tekanan pada air kopi tetapi lebih berfungsi sebagai saringan saja. Agar air kopi lebih kuat dan kaya rasanya.

Karena itu kopi yang cocok untuk diseduh dengan French press adalah kopi yang ditumbuk kasar yang bisa melepaskan rasa tanpa banyak endapan. Jika mesin penggiling kopi tak ada yang khusus untuk French press, kopi bisa ditumbuk kasar.

2. Merendam kopi

Untuk 1 cangkir air kopi gunakan sekitar 3 sdm kopi bubuk giling kasar. Tentu saja bisa disesuaikan dengan selera. Perbandingan kopi dan air sekitar 1:15 untuk mendapatkan air kopi yang pekat berbuih. Gunakan air panas bersuhu 90 C.

Menyeduh kopi dengan French pressMenyeduh kopi dengan French press Foto: iStock

3. Aduk kopi

Setelah air panas dituangkan ke dalam French press berisi kopi giling kasar, aduk-aduk sebentar hingga kopi berbuih halus kemudian diamkan.

Karena yang direndam adalah biji kopi yang digiling kasar, bukan kopi bubuk yang dilarutkan, biarkan kopi terendam selama 3-4 menit. Hal ini tergantung selera, suka yang pekat atau yang sedang saja. Sementara kopi direndam air panas, biarkan saringannya ada di bagian atas, jangan ditekan.

4. Tekan perlahan

Jika waktu merendam habis, saatnya kamu menekan tutup French press yang ada di bagian atas. Biasanya dilengkapi dengan saringan dan tutup yang kuat. Tekan atau dorong tuasnya perlahan ke bagian bawah French press. Tekanan yang pelan akan membuat endapan tidak naik ke atas.

Menyeduh kopi dengan French pressMenyeduh kopi dengan French press Foto: iStock

5. Tuangkan kopi

Selanjutnya tuangkan air kopi ke mug atau gelas. Hirup air kopi selagi hangat agar aroma dan rasanya enak. Jangan lupa cuci bersih French press tiap kali dipakai. Keringkan agar tak berjamur dan setiap kali akan dipakai bilas dahulu dengan air panas.



Simak Video "Bikin Laper: Manis Gurih Tongseng Wagyu dan Sumsum Tulang"
[Gambas:Video 20detik]
(odi/odi)