Ini Cara Menyeduh Kopi Cold Brew yang Praktis dan Mudah

Odilia WS - detikFood Senin, 06 Jul 2020 07:00 WIB
Fresh hot coffee being poured into a cup from a stainless steel french press in a trendy cafe Foto: iStock
Jakarta -

Kopi cold brew jadi menu favorit di banyak kafe. Ternyata membuat kopi cold brew caranya tidak rumit. Kamu bisa membuatnya sendiri di rumah.

Seiring dengan maraknya kafe dan budaya minum kopi, makin banyak jenis kopi dan cara seduh yang ditawarkan oleh kafe-kafe. Seduh manual atau manual brewing merupakan salah satu cara seduh yang digemari banyak orang.

Penggemar kopi fanatik menjadi penggemar kopi dengan rasa autentik. Selain manual brew, penggemar berat kopi juga menyukai kopi cold brew. Jika biasanya kopi diseduh dengan air panas dan didiamkan beberapa menit, maka sesuai dengan namanya cold brew, kopi diseduh dengan cara direndam air dingin selama beberapa jam.

Hasil seduhan dengan air dingin ini membuat rasa dan aroma kopi larut atau keluar dengan maksimal. Makanya air seduhan kopi cold brew lebih maksimal rasa dan aromanya. Kekurangannya kamu harus sabar menunggu beberapa jam untuk bisa menikmati kopinya.

Teknik menyeduh cold brew ini populer di banyak kafe. Tetapi bukan berarti tak bisa kamu lakukan sendiri di rumah. Cukup siapkan biji kopi favorit yang sudah disangrai dan air dingin. Resep dan cara penyajiannya bisa kamu contek di sini.

Fresh from the tap nitrous infused dark rich nitro black coffee in a glass jar java creamy beautiful froth foam head lifestyle decor with roasted beans on a rustic reclaimed wood wooden table backgroundCara membuat kopi cold brew. Foto: iStock



Mengapa Cold Brew?


Cara populer menyeduh kopi memang memakai air panas. Dengan air panas sari kopi akan larut dengan cepat. Sebaliknya merendam kopi dengan air dingin dalam waktu lama akan memberi waktu kopi dan air untuk berinfusi lebih lama.

Tetapi hal yang penting dari merendam biji kopi yang ditumbuk kasar dengan air adalah mengurangi rasa pahit biji kopi. Juga membuat rasa kopi lebih halus dan mengurangi rasa asam kopi.

Sementara jika memakai cara menyeduh kopi bubuk instan dan menambahkan susu, rasa pahit kopi akan berkurang tetapi rasa asamnya tetap kuat. Karena kopi cold brew merupakan pilihan yang terbaik untuk menikmati kopi dengan rasa terbaik tanpa mengurangi manfaat sehatnya.

Two coffee cups, coffee pot and wooden cutting board in the kitchen, selective focusCara membuat kopi cold brew Foto: iStock


Resep Cold Brew


Kopi cold brew sangat mudah dibuat bahkan tanpa alat sekalipun kamu bisa membuatnya di rumah.

Bahan yang diperlukan:
80 gram biji kopi utuh, jenis sesuai selera
1.5 liter air matang

Cara membuatnya juga mudah. Giling biji kopi dengan gilingan manual atau listrik hingga menjadi butiran kopi yang kasar. Pastikan biji kopi tergiling kasar agar mendapatkan aroma yang sempurna.

Selanjutnya taruh biji kopi yang digiling kasar dalam botol atau wadah bertutup. Pastikan memakai botol kaca, bukan botol plastik yang bisa pengaruhi aroma kopi. Tuangkan air matang dan kocok ringan.

Masukkan kopi ini dalam lemari es selama 12 jam. Jika suka rasa yang lebih pekat bisa menyimpanya selama 24 jam. Dalam tahap ini rasa dan aroma kopi akan maksimal atau sempurna.

kopi panas dan kopi dinginCara membuat cold brew Foto: iStock



Penyajian Kopi Cold Brew


Buka tutup wadah/botol kopi lalu saring air kopinya. Bisa memakai saringan kain halus atau saringan kopi dari kertas. Selanjutnya kopi cold brew sudah siap dinikmati. Kamu bisa menikmati sebagai minuman kopi dingin.

taruh 4 buah es cube dalam gelas, beri sedikit air dingin lalu tuangi sekilar 20-50 ml kopi cold brew dan aduk rata. Jika suka yang lebih ringan bisa ditambahkan susu cair dingin. Mengenai jumlah kopi cold brew dan cairan paduannya bisa disesuaikan selera.

Untuk pemanis bisa dipakai sirop gula atau simple syrup, madu, sirop dengan rasa lain seperti vanili, karamel atau hazelnut atau gula aren. Jika ingin rasa alami kopi yang enak, sebaiknya tak perlu menambahkan pemanis.



Simak Video "Cara Sederhana Bikin Cold Brew di Rumah"
[Gambas:Video 20detik]
(odi/odi)