Ini Sebabnya Kopi yang Kamu Seduh Rasanya Pahit

Odilia WS - detikFood Senin, 03 Agu 2020 07:00 WIB
Minum Kopi di Pagi Hari Foto: iStock
Jakarta -

Kopi berasal dari biji buah kopi yang memiliki rasa buah segar. Jika kopi yang kamu seduh rasanya pahit, bisa jadi 3 hal ini jadi penyebabnya.

Kopi merupakan biji dari buah tanaman kopi. Buah kopi yang sudah tua diambil bijinya kemudian diproses. Seperti dicuci, dikeringkan dan dipanggang dengan tingkat suhu sesuai selera. Perlakuan terhadap biji kopi yang berbeda akan menghasilkan rasa dan aroma kopi yang berbeda saat diseduh.

Biji kopi yang ditanam orang di dunia ada jenis Arabica dan Robusta. Kedua jenis ini ditanam di lebih dari 70 negara di dunia. Saat ini kopi menjadi gaya hidup sebagian besar orang di dunia sehingga makin banyak orang minum dan menyukai kopi.

Kebanyakan orang mengenal kopi dengan warna hitam pekat dan rasa buah yang pahit. Karenanya sebagian besar orang menambahkan susu dan gula ke dalam kopi untuk membuat rasa kopi lebih enak di lidah. Tetapi, apakah benar kopi itu rasanya pahit?

Rasa pahit kopi yang terkadang diiringi rasa asam membuat sebagian orang menyukainya tetapi ada juga yang membencinya. Meskipun diseduh lebih encer, rasa pahit kopi tidak hilang atau berkurang. Padahal rasa asli buah kopi seperti semburat nutty biji kopi dengan rasa mocha yang kuat bisa dinikmati jika diproses dan diseduh dengan cara benar.

Tingkat kematangan saat biji kopi disangrai juga berperan dalam rasa pahit. Seperti light roast, medium roast dan dark roast. Selain itu dalam praktek sehari-hari tiga hal umum ini bisa membuat rasa kopi jadi pahit.

Fresh from the tap nitrous infused dark rich nitro black coffee in a glass jar java creamy beautiful froth foam head lifestyle decor with roasted beans on a rustic reclaimed wood wooden table backgroundPenyebab kopi rasanya pahit. Foto: iStock

1. Cara seduh

Air kopi didapatkan dengan cara menyeduh biji kopi yang sudah digiling dengan air panas. Proses inilah yang dikenal sebagai proses ekstraksi. Siraman air panas akan membuat biji kopi mengeluarkan citarasa dan aromanya.

Jika air kopi terasa pahit bisa jadi karena memakai cara seduh disiram air panas selerti Frech press. Bisa jadi setelah dituang air panas, kopi dibiarkan terlalu lama di dalam French press sehingga rasanya pahit. Makin lama didiamkan akan makin pahit. Segeralah tuang dan nikmati kopi yang kamu seduh untuk mendapatkan rasa buah kopi yang enak.

alat seduh kopiPenyebab kopi rasanya pahit. Foto: iStock

2. Air panas

Menyeduh kopi termasuk perkerjaan sangat mudah. Taruh kopi bubuk dalam mug atau cangkir lalu tuangi air panas dan diamkan selama beberapa saat dan air kopi bisa dinikmati. Tetapi suhu air berperan besar dalam rasa air seduhannya.

Sebaiknya kopi diseduh dengan air yang suhunya tak lebih dari 95 derajat Celcius. Jika lebih tinggi dari suhu tersebut, air akan menarik lebih banyak rasa pahit dari biji kopi. Jika air terlalu panas, diamkan beberapa saat sebelum menuangkan ke dalam mug atau French press.

Sebaiknya jangan memakai air PAM untuk menyeduh kopi karena sering berbau kaporit dan bau lain yang akan merusak cita rasa kopi.

Manfaat bubuk kopi instanPenyebab kopi rasanya pahit. Foto: iStock

3. Tingkat kehalusan gilingan

Hal yang terlihat sepele dalam proses penggilingan biji kopi juga bisa membuat kopi rasanya pahit. Jika gilingan kopi terlalu halus akan membuat kopi terlalu terekstrak atau kalau lonyot jika merebus sayuran.

Jika kamu memakai proses yang cepat seperti menyeduh dengan mesin espresso, gunakanlah kopi dengan gilingan halus. Sementara jika akan diseduh dengan French press gunakan biji kopi dengan gilingan agak kasar.

Sekarang sudah banyak coffee shop yang menjual biji kopi yang sudah disangrai. Mintalah tingkat kehalusan gilingan sesuai cara seduh yang biasa kamu pakai di rumah. Atau gunakan gilingan eletrik atau manual mini untuk menggiling sendiri di rumah.



Simak Video "Bikin Laper: Santap Ikan Kerapu Raja dan Udang Vaname"
[Gambas:Video 20detik]
(odi/odi)