Jajanan Ndeso Ngangeni

Dadar Jiwo hingga Lopek Bugi, 5 Jajanan Kampung Sumatera

Sonia Basoni - detikFood Senin, 10 Agu 2020 15:00 WIB
Jajanan Kampung khas Sumatra Foto: detikvisual
FOKUS BERITA Jajanan Ndeso Ngangeni


4. Kacang Sihobuk

Jajanan Kampung khas SumatraJajanan Kampung khas Sumatra Foto: Hitabatak

Sumatera Utara punya banyak jajanan ndeso yang khas. Salah satunya yang masih populer hingga sekarang ada kacang Sihobuk. Kacang ini merupakan jajanan atau camilan khas Batak, yang berasal dari desa Sihobuk, Tarutung, Tapanuli Utara.

Kacang ini pertama kali muncul di tahun 1982 setelah bencana longsor. Untuk mengenang bencana ini banyak warga di sana memasak kacang dengan cara disangrao yang dinamai Sihobuk.

Sebelum disantap kacang ini lebih dulu direndam air selama 3-5 jam lalu dijemur. Setelah itu kacang disangrai dengan pasir menggunakan api dari kayu bakar hingga matang. Rasanya gurih dan tekstur kacangnya empuk.

5. Dadar Jiwo

Jajanan Kampung khas SumatraJajanan Kampung khas Sumatra Foto: Twitter @kemenpar

Tak hanya pempeknya saja yang terkenal, Palembang ini gudangnya makanan tradisional yang enak. Salah satunya ada jajanan ndeso bernama dadar jiwo. Tampilannya mirip seperti risol yang belum digoreng namun lebih meriah.

Jajanan ini dibuat menggunakan telur dadar yang diisi dengan tumisan pepaya muda. Kemudian bagian atasnya ditambahkan topping seperti bawang goreng, potongan cabe hingga suwiran abon agar rasanya semakin enak.

Ketika digigit teksturnya begitu lembut, dengan rasa pepaya muda yang ditumis dengan santan dan rasanya gurih bikin nagih. Selain dadar jiwo, Palembang juga punya celimpungan hingga model yang tak kalah enak.

Baca Juga: Genjer hingga Krokot, Sayuran Ndeso yang Bikin Kangen Kampung

Halaman
1 2 3 Tampilkan Semua

(sob/odi)
FOKUS BERITA Jajanan Ndeso Ngangeni
FOKUS BERITA Jajanan Ndeso Ngangeni

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com