Jajanan Ndeso Ngangeni

Dadar Jiwo hingga Lopek Bugi, 5 Jajanan Kampung Sumatera

Sonia Basoni - detikFood Senin, 10 Agu 2020 15:00 WIB
Jajanan Kampung khas Sumatra Foto: detikvisual
FOKUS BERITA Jajanan Ndeso Ngangeni


2. Galamai

Jajanan Kampung khas SumatraJajanan Kampung khas Sumatra Foto: Instagram

Jenis dodol ada banyak ragamnya. Mulai dari dodol garut hingga jenang. Tak hanya eksis di Pulau Jawa, Sumatra pun punya dodol tradisional yang tak kalah enak. Namanya galamai, dodol khas Payakumbuh yang populer di Padang.

Galamai ini bentuknya sama seperti dodol. Bahan-bahan yang digunakan ada tepung beras ketan atau pulut. Kemudian dicampur dengan tambahan gula aren dan santan. Semua bahan-bahan ini dimasak dalam satu kuali besar hingga teksturnya mengental dan warnanya berubah menjadi kecokelatan.

Ciri khas yang membedakan galamai dengan dodol lain terletak pada taburan kacang tanah yang disangrai. Kacang tanah ini memberikan tambahan rasa yang gurih dan tekstur renyah crunchy di dalam setiap gigitan galamai.


3. Es Serbat Kweni

Jajanan Kampung khas SumatraJajanan Kampung khas Sumatra Foto: iStock

Di Lampung ada jajanan ndeso yang populer karena rasanya yang asam manis segar. Namanya es serbat kweni, tampilannya mirip seperti jus mangga pada umumnya. Namun untuk rasanya jauh berbeda karena es ini memiliki ciri khas sendiri.

Es ini menggunakan buah kweni yang sejenis dengan mangga. Buah ini memiliki aroma yang cukup harum dengan rasa manis dan asam yang menggelitik. Potongan buah kweni ini kemudian dicampur dengan biji selasih, air, dan tambahan gula.

Ada juga racikan es serbat kweni yang menggunakan tambahan gula aren dan jahe agar rasanya lebih nendang. Biasanya serbat kweni disajikan dengan es batu dan cocok untuk jadi pelepas dahaga di siang hari.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3
FOKUS BERITA Jajanan Ndeso Ngangeni
FOKUS BERITA Jajanan Ndeso Ngangeni

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com