Jajanan Ndeso Ngangeni

Dadar Jiwo hingga Lopek Bugi, 5 Jajanan Kampung Sumatera

Sonia Basoni - detikFood Senin, 10 Agu 2020 15:00 WIB
Jajanan Kampung khas Sumatra Foto: detikvisual
FOKUS BERITA Jajanan Ndeso Ngangeni
Jakarta -

Ada banyak jajanan tradisional di Sumatera. Setiap kota memiliki ciri khasnya sendiri, seperti dadar jiwo hingga lopek bugi yang enak.

Tak hanya di Pulau Jawa saja, Sumatera pun menyimpan banyak jajanan ndeso yang enak dan beragam. Mulai dari yang manis hingga yang gurih semuanya ada. Seperti di pulau Jawa, jajanan Sumatera juga diolah secara tradisional dan rasanya masih autentik.

Seperti es serbat kweni contohnya. Jajanan yang satu ini sangat populer di Lampung, ciri khasnya menggunakan mangga dan selasih. Sementara di Padang ada dodol enak namanya gulamai yang terbuat dari pulut dan ketan.

Berikut lima jajanan ndeso dari Sumatra yang wajib dicoba.

Baca Juga: Di Kudus Ada Pecel Pakis Khas Colo yang Gurihnya Mantap

1. Lopek Bugi

Jajanan Kampung khas SumatraJajanan Kampung khas Sumatra Foto: I

Lopek bugi merupakan salah satu jajanan ndeso khas Kampar, Riau yang digemari hingga sekarang. Jajanan yang satu ini awalnya identik sebagai hidangan para bangsawan.

Kini lopek bugi bisa dinikmati semua kalangan. Lopek sendiri memiliki artian lepat, dan bugi adalah ketan. Sejak dulu lopek bugi selalu menjadi hidangan wajib pada acara kebudayaan hingga perayaan spesial lainnya.

Bahan dasar untuk membuat lopek bugi adalah beras ketan yang ditumbuk hingga halus menggunakan lesung. Setelah itu ketan dibungkus menggunakan daun pisang. Warnanya ada dua, yaitu hitam dan putih sesuai beras ketan yang digunakan.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3
FOKUS BERITA Jajanan Ndeso Ngangeni
FOKUS BERITA Jajanan Ndeso Ngangeni