Mirip Manusia, Monyet Berbagi Makanan Untuk Tunjukkan Cinta

Sonia Basoni - detikFood Senin, 10 Agu 2020 14:30 WIB
Monyet Berbagi Makanan Untuk Tunjukkan Cinta Foto: iStock/Camille Troisi
Jakarta -

Sama seperti manusia, monyet juga berbagi makanan untuk menunjukkan rasa cinta kepada pasangan. Hal ini diungkap dalam penelitian.

Punya banyak perilaku unik membuat monyet menarik untuk diamati. Baru-baru ini muncul penelitian yang mengaitkan antara berbagi makanan dan ikatan sosial pada spesies monyet.

Baca Juga: Kelapa Thailand yang Dipetik Monyet, Ditolak di Luar Negeri

Monyet Berbagi Makanan Untuk Tunjukkan CintaMonyet Berbagi Makanan Untuk Tunjukkan Cinta Foto: /Camille Troisi

Dilansir dari Daily Mail UK (10/08), Dokter Camille Troisi dari University of St Andrews di Skotlandia punya penelitian yang unik tentang perilaku hewan-hewan.

Seperti yang diketahui sebelumnya hewan primata seperti monyet jarang sekali berbagai makanan. Karena sudah menjadi sifat mereka untuk menghabiskan makanan sendiri demi bertahan hidup.

Tapi beberapa monyet kerap berbagi makanan yang mereka miliki. Seperti induk monyet yang memberikan makanan untuk anak-anaknya. Namun peneliti jarang menemukan adanya monyet dewasa yang berbagi makanan ke monyet dewasa lainnya.

Monyet Berbagi Makanan Untuk Tunjukkan CintaMonyet Berbagi Makanan Untuk Tunjukkan Cinta Foto: iStock/Camille Troisi

Penasaran dengan perilaku monyet, Camille kemudian meneliti beberapa ekor monyet jenis Golden Marmoset di hutan Brazil. Di sana Camille menemukan kehidupan sosial antara monyet yang lebih kompleks dari yang terlihat.

"Dilihat dari individu monyet yang ingin mencari kesempatan untuk berkembang biak. Saya melihat bahwa berbagi makanan ini menjadi cara untuk monyet merebut hati calon pasangannya," jelas Camille.

"Meski hingga kini fungsi dari berbagi makanan di antara monyet belum dipahami sepenuhnya. Dibutuhkan setidaknya lebih banyak eksperimen dan observasi untuk memahami perilaku sosial di antara hewan primata," lanjut Camille.

Sejak dulu Golden Marmoset memang sering berbagi makanan ke anak-anak monyet. Kini mereka mulai mau berbagi makanan ke sesama monyet dewasa.

Monyet Berbagi Makanan Untuk Tunjukkan CintaMonyet Berbagi Makanan Untuk Tunjukkan Cinta Foto: iStock/Camille Troisi

Pola ini disebut mirip seperti perilaku manusia yang juga sering menggunakan makanan untuk menunjukkan ketertarikan atau rasa cinta mereka pada seseorang.

Sebelumnya beberapa penelitian menyebutkan bahwa ada dua alasan kuat mengapa monyet berbagi makanan ke sesamanya. Pertama untuk berbagi nutrisi, kedua untuk mengetahui mana makanan enak dan mana yang harus dihindari.

Tak hanya berbagi makanan saja. Banyak aksi monyet yang mirip seperti manusia. Mulai dari monyet yang suka mabuk hingga melakukan social distancing.

Baca Juga: Mirip Manusia, 5 Aksi Monyet Makan Sampai Diet Ini Jadi Viral



Simak Video "Nyobain Kue Pukis KFC, Rasanya Premium Banget!"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)