Jajanan Ndeso Ngangeni

5 Varian Klepon Berwarna-warni Terbuat dari Ubi Ungu dan Buah Naga

Riska Fitria - detikFood Jumat, 07 Agu 2020 19:00 WIB
Varian klepon Foto: iStock
FOKUS BERITA Jajanan Ndeso Ngangeni

4. Klepon Bunga Telang

Varian kleponVarian klepon Foto: Instagram @birgittawang_

Ada yang tak kalah menggemaskan, yaitu klepon berwarna ungu yang terbuat dari campuran bunga telang. Warna biru pada bunga dengan nama latin Clitoria ternatea dimanfaatkan sebagai pewarna alami. Banyak makanan dan minuman yang menggunakan pewarna alami dari bunga telang.

Dan jajanan tradisional ini menjadi salah satunya. Tahap pertama yang dilakukan adalah merebus bunga telang untuk diambil sarinya. Setelah itu, sari bunga telang yang berwarna biru dicampurkan ke bahan-bahan utama pembuatan klepon.

Campur semua bahan hingga menjadi adonan berwarna biru. Baru kemudian ambil adonan secukupnya, isi dengan gula merah dan tutup dengan membentuk bulat. Selanjutnya direbus seperti biasa hingga matang, taburi dengan parutan kelapa dan sajikan.

5. Klepon Singkong

Varian kleponVarian klepon Foto: Instagram @uthinute

Mungkin secara tampilan varian klepon ini tidak jauh berbeda dengan klepon pada umumnya. Penambahan singkong pada adonan klepon ini tidak merubah warnanya, tetapi lebih ke menambah sensasi rasa yang berbeda. Rasanya lebih gurih dari biasanya.

Singkong yang akan dicampur lebih dulu rebus baru kemudian dicampurkan ke bahan-bahan yang lain hingga menjadi adonan yang mudah dibentuk. Isi gula merah ke dalam adonan dan bentuk menjadi bulat. Rebus klepon singkong tersebut hingga matang.

Warna klepon yang satu ini tetap hijau karena menggunakan daun suji dan pandan. Penambahan singkong pada varian klepon ini juga terasa lebih kenyal dan mengenyangkan.

Baca Juga : Viral Klepon 'Tak Islami', Netizen Ini Malah Pamer Makan Klepon Raksasa

Halaman
1 2 3 Tampilkan Semua


Simak Video "Ketika Klepon Disulap Jadi Cake yang Cantik"
[Gambas:Video 20detik]

(raf/odi)
FOKUS BERITA Jajanan Ndeso Ngangeni
FOKUS BERITA Jajanan Ndeso Ngangeni

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com