Jajanan Ndeso Ngangeni

5 Varian Klepon Berwarna-warni Terbuat dari Ubi Ungu dan Buah Naga

Riska Fitria - detikFood Jumat, 07 Agu 2020 19:00 WIB
Varian klepon Foto: iStock
FOKUS BERITA Jajanan Ndeso Ngangeni
Jakarta -

Jajanan klepon tidak melulu berwarna hijau. Ada juga varian klepon lainnya yang berwarna-warni yang bikin sayang untuk dimakan.

Klepon merupakan jajanan tradisional yang hingga sampai saat ini masih populer. Apalagi setelah diterpa isu hoax yang disebut sebagai jajanan tak Islami. Klepon yang original dikenal dengan bentuknya yang bulat-bulat berwarna hijau dan bertabur parutan kelapa.

Teksturnya kenyal dengan isian gula merah cair di dalamnya, sehingga ketika dimakan langsung lumer di mulut. Nah, klepon juga banyak divariasikan dengan menambahkan berbagai bahan. Campuran bahan itu membuat rasa klepon lebih enak dan warnanya yang lebih bervariasi lagi.

Seperti menambahkan ubi ungu agar warnanya menjadi ubi, bunga telang untuk berwarna biru, buah naga untuk warna merah dan lainnya. Cara pembuatannya sama seperti membuat klepon pada umumnya, yaitu mencampurkan semua bahan seperti tepung ketan, garam, daun suji dan lainnya.

Berikut 5 varian klepon warna-warni.

1. Klepon Ubi Ungu

Varian kleponVarian klepon Foto: Instagram @trisulistijani.2908

Dari sekian banyak varian klepon, klepon ubi ungu merupakan yang paling populer. Warna ungu cantik, karena campuran dari ubi ungunya. Sebenarnya bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat varian klepon ini sama seperti klepon biasa.

Hanya saja, di sini kamu menambahkan ubi ungu yang sudah direbus. Setelah itu, bahan-bahan tersebut dicampur hingga menjadi adonan. Isiannya juga tetap menggunakan gula merah. Bentuk bulat-bulat dan direbus hingga matang.

Jika sudah matang, angkat klepon dan taburkan kelapa parut yang sudah dicampur dengan gula dan garam secukupnya. Pastikan agar parutan kelapa tersebut menutup semua lapisan klepon. Dan klepon siap disajikan. Varian klepon ubi ini juga banyak dijual di pasar tradisional.

Baca Juga : Klepon Tidak Islami, Ini Fakta Kue Klepon dan Cara Membuatnya

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Klepon Ubi Ungu, Pas Dimakan Saat Sarapan!"
[Gambas:Video 20detik]
FOKUS BERITA Jajanan Ndeso Ngangeni
FOKUS BERITA Jajanan Ndeso Ngangeni