Resep Bumbu Marinasi Daging ala Resto AYCE dari Netizen, Contek Yuk!

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Sabtu, 08 Agu 2020 16:00 WIB
Bumbu Marinasi Daging ala Resto AYCE Foto: Twitter @akusepertijelll
Jakarta -

Netizen ini bagikan resep bumbu marinasi daging yang praktis. Cita rasanya mirip menu 'grill' yang kini banyak ditawarkan resto all you can eat (AYCE).

Pencinta daging panggang atau grill pasti sudah tak asing dengan resto AYCE yang menyajikan menu ini. Apalagi harga bersantapnya terjangkau, yaitu dengan kisaran Rp 100 ribu sudah bisa makan daging sepuasnya.

Jenis daging yang ditawarkan di resto AYCE cukup beragam, salah satunya shortplate. Lembaran daging ini disukai karena masih menyisakan lemak yang gurih dan juicy.

Lalu untuk bumbu, biasanya tiap restoran punya signature sauce yang dijagokan. Meski begitu rasanya hampir mirip dengan paduan rasa gurih, manis, dan pedas.

Bumbu Marinasi Daging ala Resto AYCEBumbu Marinasi Daging ala Resto AYCE Foto: Twitter @akusepertijelll

Nah, kalau mau mencontek resep bumbu marinasi daging ala resto AYCE, netizen @akusepertijelll di Twitter membagikannya lewat sebuah utas. Hingga berita ini ditulis, utas tersebut sudah mendapat lebih dari 58 ribu likes dan diretweet 12 ribu kali.

Baca Juga: 5 Tempat Makan Saikoro Panggang yang Lumer di Lidah

Pertama, ia memberi tips bagaimana memotong lembaran daging yang tipis layaknya di resto AYCE. "Daging dibekuin bentar (jangan sampe jadi es ya!), atau kalau dagingnya habis dari freezer, jangan sampe meleleh sepenuhnya. Terus daging dipotong tipis2 (motongnya ga akan susah karena sedikit beku). Ini tipis banget, terserah mau motong gimana," kata netizen bernama Dea ini.

Bumbu Marinasi Daging ala Resto AYCEBumbu Marinasi Daging ala Resto AYCE Foto: Twitter @akusepertijelll

Ia melanjutkan, "Cara kedua: Tunggu daging sampai ga beku sepenuhnya. Abis itu, potong dengan ketebalan +- 1-1,5 cm, terus pukul pake alat pemukul daging. Kalo gaada bisa pake ulekan, sampe tipis gitu. Nah baru deh di slice sesuai selera. Aku pake cara ini dagingnya empuk banget dan slice nya tipis."

Lalu untuk bumbu original ia menggunakan bahan-bahan seperti berikut:
2 sdm butter
2 sdm margarin
4 sdm kecap manis
4 sdm saus tiram
3 sdm kecap asin
2 sdm kecap inggris (jika suka)
1,5 sdm madu
2-3 sdm minyak wijen (jika suka)

4-5 siung bawang putih parut
1 sdm wijen sangrai (opsional)
1 sdm gula pasir
4 sdm air
2 sdt merica bubuk
1/2 sampai 1 bawang bombai, iris

Menurut Dea, opsional berarti bahan itu boleh digunakan, boleh tidak. "Tapi kalau pakai rasanya lebih enak," katanya.

Bumbu Marinasi Daging ala Resto AYCEBumbu Marinasi Daging ala Resto AYCE Foto: Twitter @akusepertijelll

Cara membuat bumbu marinasi daging:
1. Panaskan butter dan margarin hingga mencair. Kalau sudah cair, masukkan bawang putih parut, tumis hingga baunya harum.
2. Masukan kecap manis, saus tiram, kecap asin, kecap Inggris, madu, minyak wijen, dan gula pasir. Aduk hingga merata.
3. Tambahkan minyak wijen dan wijen sangrai. Kemudian tambahkan air hangat. Lalu aduk lagi sampai merata. Kalau masih terasa kental, bisa tambahkan 1-2 sdm air lagi.
4. Koreksi rasa. Bisa tambahkan bahan lain sesuai selera.

Dea mengatakan saat buat bumbu, lakukan di atas kompor dengan api kecil. "Setelah bumbu jadi, masukin bawang bombai iris, aduk selama 2-3 menit (masih dengan api kecil)," lanjutnya.

Setelah itu bumbu marinasi bisa dipakai untuk satu baskom besar daging dan bahan BBQ lainnya. Dari resep Dea, rinciannya bisa untuk 700 gram daging sapi, 400 gram sosis ayam, dan 200 gram gurita.

"Jangan lupa! Baskomnya ditutup pake plastik, dan masukin ke dalam kulkas selama 12-15 jam. Sebenernya bisa kurang dari itu, bahkan cuman 30 menit - 1 jam juga bisa. Cuman kalau didiemin semalaman tuh rasanya lebih meresap aja gitu, hehe," ujar Dea.

Bumbu Marinasi Daging ala Resto AYCEBumbu Marinasi Daging ala Resto AYCE Foto: Twitter @akusepertijelll

Bumbu marinasi daging BBQ pedas ala Dea juga tak sulit. Ia menggunakan bahan-bahan berikut:
1. 125 gram saus BBQ siap pakai
2. 4 sdm bawang putih parut
3. Air hangat
4. Bubuk cabai

Cara membuatnya, tinggal campur semua bahan di atas kompor yang apinya sedang. "Bumbu BBQ ini bisa untuk marinasi, atau cuman untuk diolesi aja yaaaa. Rasanya enak juga, cuman aku pribadi lebih suka yang original," tutup Dea.

Baca Juga: Mau Bikin Roast Beef ala Resto? Ikuti Tips Membumbui dari Chef Stefu ini



Simak Video "Bikin Laper: Santap Ikan Kerapu Raja dan Udang Vaname"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/odi)