Mau Bikin Roast Beef ala Resto? Ikuti Tips Membumbui dari Chef Stefu ini

Dewi Anggraini - detikFood Jumat, 21 Des 2018 17:38 WIB
Foto: Istock
FOKUS BERITA Hidangan Natal
Jakarta -
Roast beef juicy yang biasa disajikan di resto dan hotel, bisa dibuat sendiri. Caranya juga tak sulit. Ikuti saja beberapa tips jitu dari chef Stefu Santoso.

Siapa bilang proses pembuatan roast beef lezat membutuhkan bumbu beragam. Menurut executive chef AMUZ Gourmet Restaurant, Chef Stefu Santoso proses pemilihan daging hingga proses membumbui sederhana ini bisa hasilkan roast beef juicy. Untuk itu perhatikan 5 hal berikut ini.

1. Pemilihan daging

Mau Bikin Roast Beef ala Resto? Ikuti Tips Membumbui dari Chef Stefu iniFoto: Istock
Bagian whole beef atau potongan utuh yang paling enak untuk pembuatan roast beef juicy ialah rib eye. Rib eye merupakan potongan daging yang berasal dari tulang rusuk sapi. Bagian ini memiliki aroma dan rasa yang lezat karena terdapat lemak yang masih menempel.

Selain itu, potongan daging yang juga dikenal dengan sebutan scotch fillet ini juga cocok dimasak dengan tingkat kematangan apapun. "Tapi pastikan kalau daging yang dipakai memiliki kuaitas dan grading yang bagus," ungkap Cef Stefu Santosa.

2. Bumbu

Mau Bikin Roast Beef ala Resto? Ikuti Tips Membumbui dari Chef Stefu iniFoto: Istock
Hal selanjutnya yang harus dipersiapkan ialah bahan-bahan untuk seasoning. Sebab tak ada proses marinasi dalam proses pembuatan roast beef.

"Jadi kalau kita membuat roast beef, kita tidak perlu melakukan marinasi. Karena yang kita inginkan, kualitas daging yang baik itu juicenya masih kita tetap dapatkan dengan lebih baik. Supaya kita tidak kehilangan banyak jus," jelas pimpinan Asosiasi Chef Profesional di Indonesia itu pada detikFood saat ditemui di Pantry Magic (19/12).

Bumbu yang digunakan cukup sederhana, yakni garam kasar atau garam laut, bubuk lada hitam, dan mustardpasta.

3. Tahap pelumuran bumbu

Mau Bikin Roast Beef ala Resto? Ikuti Tips Membumbui dari Chef Stefu iniFoto: Istock
"Tentu saja seasoning pertama yang digunakan adalah sedikit mustard." jalas Chef Stefu. Ya, mustard jadi bumbu awal yang harus dilumuri di permukaan daging. Lalu disusul dengan garam kasar dan bubuk lada hitam.

Setelah itu, kembali lumuri permukaan daging dengan sedikit bubuk lada hitam, garam, bubuk lada hitam, garam, dan bubuk lada hitam. Semua permukaan daging harus terlumuri bumbu dengan rata.

4. Pan seared

Mau Bikin Roast Beef ala Resto? Ikuti Tips Membumbui dari Chef Stefu iniFoto: Istock
Begitu proses seasoning selesai, barulah daging di grill di atas pan. Ada beberapa bahan yang diperlukan dalam proses ini yakni bawang putih, daun thyme/rosemary, dan minyak. Selain menambah aroma, proses ini digunakan untuk menjaga jus dalam daging saat di panggang di oven.

5. Tips membumbui daging

Mau Bikin Roast Beef ala Resto? Ikuti Tips Membumbui dari Chef Stefu iniFoto: Istock
Meski memakai bumbu sederhana, pastikan kalau tangan Anda dalam keadaan kering saat melumuri bumbu ke permukaan daging. Kemudian, dari tiga bahan yang digunakan, sebenarnya mustard hanya bahan optional yang tak wajib dipakai.

"Mustard ini sebenarnya jadi sebuah optional, kalau Anda suka silahkan, tapi kalau Anda tidak suka, nggak perlu. Tapi hampir sebagian besar orang akan memberikan mustard," pungkas Chef kenamaan itu.

Chef Stefu juga menambahkan bahwa pelumuran bumbu haruslah rata namun tak perlu tebal. "Yang paling penting adalah bagaimana kita membuat garam itu semuanya harus lebih rata. Karena kalau tidak rata nanti ada bagian yang lebih asin dan ada bagian yang lebih tasty," pungkasnya.
(dwa/odi)
FOKUS BERITA Hidangan Natal

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com