5 Fakta Pulau Christmas yang Dihuni Jutaan Kepiting Merah

Riska Fitria - detikFood Jumat, 07 Agu 2020 18:00 WIB
Pulau Christmas yang dihuni jutaan kepiting Foto: Life Gate
Jakarta -

Pernahkah kamu mendengar tentang pulau Christmas? Pulau yang dihuni oleh jutaan kepiting merah itu menarik perhatian banyak orang. Ini faktanya.

Pulau Christmas atau pulau Natal berada di wilayah Australia. Pulau tersebut terkenal dengan jutaan kepiting yang memenuhi jalanan setiap awal musim hujan. Ada 14 spesies kepiting dengan spesies yang paling banyak adalah kepiting merah.

Diperkirakan terdapat 50 juta kepiting darat yang memenuhi pulau tersebut. Pada awal musim hujan, kepiting-kepiting itu berbondong-bondong memenuhi jalanan untuk bermigrasi ke laut. Tujuannya adalah untuk berkembang biak.

Nah, fenomena kepiting yang memenuhi jalanan itulah yang menarik perhatian banyak orang bahkan wisatawan asing. Kepiting tersebut sangat dilindungi, karenanya sampai dibuatkan jalur khusus untuk kepiting migrasi.

Berikut 5 fakta tentang pulau Christmas yang dihuni jutaan kepiting.

1. Dihuni 14 Spesies Kepiting

Pulau Christmas yang dihuni jutaan kepitingPulau Christmas yang dihuni jutaan kepiting Foto: Life Gate

Lokasi pulau Christmas berada di luar Australia. Sebenarnya lokasinya lebih dekat dengan pulau Jawa. Pulau ini terletak di 224 mil atau 360 km dari selatan pulau Jawa dan 870 mil atau 1.400 km dari barat laut Australia. Namun, pulau Christmas ini masuk ke dalam wilayah Australia.

Pulau ini menarik perhatian banyak orang karena pulaunya dihuni oleh kepiting. Bahkan banyak yang menyebut pulau ini dengan sebutan pulau jutaan kepiting. Ada banyak jenis kepiting yang berada di pulau ini. Setidaknya ada sekitar 14 spesies kepiting darat yang memenuhi pulau ini.

Nah, jenis kepiting yang paling banyak adalah kepiting merah atau dikenal dengan sebutan Gecarcoidea natalis. Kepiting-kepiting itu hidup dalam lubang-lubang di hutan. Biasanya mereka makan daun-daun gugur, buah, bunga, hewan mati, hingga biji-bijian.

Baca Juga : Istrinya Ngidam Kepiting Setiap Hari, Pria Ini Hampir Bangkrut

Selanjutnya
Halaman
1 2 3