Ternyata Ini Arti Tanggal yang Tertera di Botol Air Mineral

Riska Fitria - detikFood Kamis, 06 Agu 2020 11:30 WIB
Arti tanggal di botol mineral Arti tanggal di botol mineral Foto: iStock
Jakarta -

Saat membeli air mineral kemasan botol, pasti kamu menemukan tanggal yang tertera pada salah satu sisi botol. Itu bukan tanggal kadaluwarsa airnya, tapi botolnya.

Setiap produk makanan atau minuman pasti memiliki tanggal yang tercantum pada kemasan. Keterangan tanggal itu untuk memberitahu sampai kapan makanan tersebut boleh dimakan, karena semakin mendekati tanggal kadaluwarsa kualitas makanan akan menurun.

Begitupun dengan produk air mineral yang dikemas dalam botol. Namun, tanggal yang ada di kemasan botol air mineral itu bukan tanggal kadaluwarsa untuk airnya, melainkan untuk masa pakai botolnya. Tak sedikit orang yang beranggapan keliru tentang tanggal pada botol air mineral.

Arti tanggal di botol mineralArti tanggal di botol mineral Foto: Istimewa

Baca Juga : Produk Makanan Kadaluwarsa Bisa Alami Penurunan Kualitas, Ini Penjelasan Ahli Pangan

Faktanya, air mineral tidak memiliki masa kadaluwarsa. Sementara pada botol kemasan yang digunakan itu mengandung bahan kimia yang disebut polietile teretalat (PET). Bahan kimia itu lama kelamaan akan terlepas dan bercampur ke dalam air.

Apalagi air mineral tersebut sudah lama berada di bawah sinar matahari. Biasanya rentan waktunya hingga dua tahun lamanya. Nah, proses tersebutlah yang diartikan dengan istilah kadaluwarsa.

Bercampurnya bahan kimia ke dalam air sebenarnya tidak menyebabkan keracunan dan masih aman untuk diminum. Namun, rasa dari air mineral tidak sesegar biasanya. Mengingat para produsen air mineral selalu melebeli produk air mineralnya dengan sebutan, "Berasal dari mata air segar di pegunungan".

Arti tanggal di botol mineralArti tanggal di botol mineral Foto: iStock

Lantas mengapa tanggal tersebut itu ditampilkan pada kemasan botol? Dilansir dari Livescience (09/06/10) tanggal kadaluwarsa botol air mineral sebenarnya lebih untuk keuntungan pihak produsen.

Alasan pertama, jika suatu saat ada konsumen yang mengeluh tentang air mineral yang dibeli tidak segar, pihak produsen bisa menggunakan tanggal kadaluwarsa botol itu sebagai pembelaan.

Kedua adalah karena alasan birokrasi Pemerintah yang mana setiap produsen diwajibkan untuk menyertakan tanggal kadaluwarsa pada produk konsumsi, baik makanan maupun minuman. Dan alasan terakhir adalah karena mesin yang digunakan untuk mengemas produk.

Arti tanggal di botol mineralArti tanggal di botol mineral Foto: iStock

Biasanya mesin tersebut tidak hanya dipakai untuk mengemas botol air mineral, tetapi juga botol minuman soda. Nah, dengan terteranya tanggal kadaluwarsa tersebut bisa berguna untuk pelacakan jika suatu waktu terjadi kesalahan dalam hal produksi.

Baca Juga : Sebelum Membeli, Ketahui Masa Kedaluwarsa pada 5 Jenis Makanan Ini
https://food.detik.com/info-kuliner/d-4957412/sebelum-membeli-ketahui-masa-kedaluwarsa-pada-5-jenis-makanan-ini



Simak Video "Bikin Laper: Risotto Seafood hingga Stracciatella Pizza"
[Gambas:Video 20detik]
(raf/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com