Bu Sisca Soewitomo Gantung Panci, Pamit dari Dunia Kuliner

Riska Fitria - detikFood Rabu, 05 Agu 2020 12:15 WIB
Sisca Soewitomo Gantung Panci Foto: Instagram @sisca.soewitomo
Jakarta -

Setelah bertahun-tahun bergelut di dunia kuliner, Sisca Soewitomo mengabarkan dirinya pensiun. Kabar tersebut mengejutkan para foodies.

Melalui unggahannya di Instagram (04/08) Sisca Soewitomo yang akrab disapa Bu Sisca, Pakar Kuliner Indonesia menyampaikan kabar mengejutkan. Ia mengabarkan bahwa dirinya pamit dari dunia yang membesarkan namanya tersebut.

"Sahabat-sahabatku tercinta, setelah puluhan tahun saya di dunia kuliner dan ribuan resep yang sudah saya ciptakan, ini mungkin saat yang tepat untuk gantung panci," tulisnya Sisca Soewitomo pada keterangan foto.

Sisca Soewitomo Gantung PanciSisca Soewitomo Gantung Panci Foto: Instagram @sisca.soewitomo

Baca Juga : Masak Pakai 'Feeling' dan Bumbu Dasar Jadi Andalan Sisca Soewitomo

Dalam unggahannya tersebut, wanita yang diberi julukan Ratu Boga Indonesia itu membagikan sebuah foto yang memperlihatkan dirinya tengah menggantung panci, sambil mengenakan baju chef, yang menjadi seragamnya selama berpuluh-puluh tahun.

Nama Sisca Soewitomo memang sangat melekat di hati pencinta kuliner. Kiprahnya di dunia kuliner mulai dikenal oleh masyarakat luas saat dirinya menjadi pemandu acara Aroma Indonesia yang tayang di salah satu stasiun televisi swasta.

Sisca Soewitomo Gantung PanciSisca Soewitomo Gantung Panci Foto: Instagram @sisca.soewitomo

Acara masak tersebut tayang selama 11 tahun sejak 1997. Dalam acara tersebut, wanita kelahiran Surabaya, 8 April 1949 ini selalu memberikan resep masakan ciptaannya lengkap dengan tutorial memasaknya.

Pada saat menutup tayangan resepnya Sisca Soewitomo juga memiliki jargon andalannya yang berbunyi, 'Bagaimana pemirsa, mudah bukan membuatnya?'. Jargon itu bahkan melekat oleh penontonnya hingga sampai saat ini.

Selain memandu acara masak, Sisca Soewitomo juga telah menerbitkan hampir 150 buku resep masakan. Tentu saja, kabar pensiun wanita berusia 71 tahun ini mengejutkan banyak orang termasuk para foodies.

Sisca Soewitomo Gantung PanciSisca Soewitomo Gantung Panci Foto: Instagram @sisca.soewitomo

Sosoknya yang menginspirasi membuat semua orang merasa kehilangan Sisca Soewitomo dari dunia kuliner. Berbagai tanggapan pun membanjiri kolom komentar unggahan Sisca.

"Hampir semua buku resep Ibu Sisca saya koleksi, semuanya terbitan gramedia.. dan jumlahnya cukup banyak.. Salut," tulis netizen.

"Terima kasih bu, berkat nonton ibu terus di acara TV kemarin, dari situ jadi pengen belajar, belajar dan belajar terus masak," tulis netizen lainnya.

Sisca Soewitomo Gantung PanciSisca Soewitomo Gantung Panci Foto: Instagram @sisca.soewitomo

"Saya penggemar ibu sejak saya masih SMP, ketika pertama kali belajar masak dan tertarik dunia kuliner . Sehat terus bu Sisca," tulis netizen.

Detikfood berusaha mengontak Bu Sisca dan putrinya Novi, namun sampai saat ini belum mendapat penjelasan soal hal tersebut.

Baca Juga : Bikin Kangen! Ini Lho 4 Pembawa Acara Memasak yang Populer di Tahun 90-an



Simak Video "Sepak Terjang Sisca Soewitomo Sang Ratu Boga Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(yms/odi)