Bikin Kangen! Ini Lho 4 Pembawa Acara Memasak yang Populer di Tahun 90-an

Lusiana Mustinda - detikFood Sabtu, 07 Jul 2018 13:34 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Tahun 1990 hingga 2000-an menjadi era kejayaan televisi di Indonesia. Tak hanya film, program memasak pun jadi favorit banyak ibu-ibu di rumah. Apa saja ya?

Di akhir pekan, acara televisi biasanya diramaikan dengan demo memasak. Belum seperti sekarang resepnya bisa dicari di internet atau YouTube, dulu para ibu mengandalkan acara memasak untuk belajar membuat sajian enak keluarga. Sebelum acaranya di mulai, banyak dari Anda juga sudah siap menyiapkan buku dan pulpen untuk mencatat. Benar nggak sih?

Pembawa acara memasak di era 90-an ini pasti familiar. Selain wajah sang pembawa acara, background musicnya pun masih terngiang di telinga hingga kini. Berikut ini beberapa acara memasak di televisi tahun 90-an yang masih diingat hingga kini.

Baca juga: Nostalgia Jajanan SD dan Indonesia Negara dengan Makanan Terenak di Dunia

1. Rudy Choirudin
Program memasak Selera Nusantara dan Resep Oke Rudy telah mengantarkan chef kelahiran Surabaya ini dikenal sebagai pembawa acara memasak di salah satu stasiun televisi lokal. Selalu menyajikan hidangan khas Indonesia, Rudy Choirudin yang saat itu mengisi acara memasak Selera Nusantara bisa dikatakan sebagai pelopor tayangan memasak di televisi karena kemunculannya yang terbilang sangat awal.

Rudy mengenalkan masakan Nusantara dengan semangat. Pria yang juga pintar bernyanyi ini juga tampil interaktif dibandingkan dengan yang lain, karena demo masaknya dulu disaksikan langsung oleh penonton di studio saat itu. Konsisten dalam melestarikan hidangan khas Nusantara, sampai saat ini pria berusia 53 tahun ini masih tetap eksis di televisi.

Kini Rudy Choirudin pun masih mengisi acara memasak di salah satu televisi yaitu Rasa Sayange, Kreasi Chef hingga Rudy dan Sahabat.

Bikin Kangen! Ini Lho 4 Pembawa Acara Memasak yang Populer di Tahun 90-anFoto: Istimewa

2. Sisca Soewitomo
Masih ingat dengan acara memasak yang dibawakan oleh Sisca Soewitomo? Musik yang diputar ketika acara ini dimulai pun masih teringat hingga kini. Sisca Soewitomo mengisi acara memasak bernama Aroma yang tayang pada akhir 1996. Tayang di akhir pekan, wanita kelahiran Surabaya ini memang sudah hobi masak sejak kecil.

Di acara Aroma ia pun menyajikan empat jenis hidangan mulai dari makanan pembuka hingga peenutup. Wah, banyak banget ya dan lengkap! Tentunya dengan make up khas tahun 90-an dengan rambut yang disasak, ibu Sisca jadi idola banyak para ibu Indonesia yang gemar memasak dan menanti-nanti acaranya di rumah.

Bikin Kangen! Ini Lho 4 Pembawa Acara Memasak yang Populer di Tahun 90-anFoto: Istimewa

3. Enita Sriyana
Presenter Enita Sriyana terkenal lewat acara Santapan Nusantara. Enita memiliki ciri khas rambut tebalnya yang pasti mudah diingat. Program acara memasak ini tayang sekitar tahun 1996 hingga 2012. Dengan konsep "Aku Cinta Makanan Indonesia" setiap sajiannya beride dari santapan asli Indonesia dari berbagai negara.

Bikin Kangen! Ini Lho 4 Pembawa Acara Memasak yang Populer di Tahun 90-anFoto: Istimewa

4. Berliana Febrianti
Artis lawas bernama Berliana Febrianti ini siapa sangka ternyata pernah mengisi acara memasak. Nama programnya adalah 'Rahasia Dapur Kita' yang tayang pada tahun 2000 hingga 2004.

Program ini juga sering mengundang praktisi, chef non kuliner Indonesia hingga artis-artis ibu kota yang ikut membantu memasak. Meskipun tak se-terkenal acara yang lain, namun Berliana juga piawai membawakan acara memasak lho.

Baca juga: 10 Iklan Makanan Jadul Ini Bukti Kalau Orang Indonesia Kreatif dari Dulu (lus/odi)