Masak Pakai 'Feeling' dan Bumbu Dasar Jadi Andalan Sisca Soewitomo

Sonia Basoni - detikFood Jumat, 02 Nov 2018 13:44 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Memasak tidaklah sulit, bumbu dasar sederhana dan menggunakan 'feeling' ketika memasak. Itulah kunci memasak makanan yang enak dan praktis.

Menurut chef sekaligus salah satu pakar kuliner legendaris di Indonesia, Sisca Soewitomo, memasak itu bukanlah hal yang sulit dan harus dihindari. Menurutnya semua orang pasti bisa masak, selama ada kemauan dan keinginan untuk belajar.

Baca Juga: The Chef Hunt dan Chef Masterclass Akan Meriahkan Jakarta Culinary Feastival (JCF)
Masak Pakai 'Feeling' dan Bumbu Dasar Jadi Andalan Sisca SoewitomoFoto: iStock
Aktif mengajar dan mengadakan cooking demo, Sisca membagikan rahasianya yang selalu ia gunakan ketika memasak.

"Memasak itu kuncinya pakai feeling (perasaan), tidak perlu diukur garam berapa sendok, tepung berapa gram, kuncinya pakai feeling saja. Sejumput garam itu sama seperti satu sendok teh ukurannya, kalau kurang asin atau apa bisa ditambahkan nantinya," ungkap wanita berusia 69 tahun ini kepada detikFood, ketika ditemui di Jakarta Culinary Feastival 2018 (01/11).

"Selama kita rajin dan sering masak di dapur, pasti feeling kita sudah tahu berapa takaran bahan serta bumbu yang digunakan untuk memasak. Saya selalu seperti itu sejak dulu, tak pernah pakai ukuran atau sendok. Malah kalau mengikuti takaran resep, kita jadi bingung dan rasa makanan malah tidak enak," jelasnya.
Masak Pakai 'Feeling' dan Bumbu Dasar Jadi Andalan Sisca SoewitomoFoto: iStock
Tentunya keahlian memasak menggunakan 'perasaan' ini harus diasah setiap hari, terutama bagi wanita yang kerap mengalami perubahan suasana hati begitu cepat.

"Saya sarankan buat wanita, atau siapapun yang mau memasak. Masak itu pakai hati, karena sejak dulu ibu kita memasak untuk kita menggunakan hati, dengan harapan agar kita tumbuh menjadi anak yang sehat. Nah, itu juga harus diterapkan, masak harus pakai hati. Kalau sedang ada masalah, dan suasana hati sedang buruk sebaiknya jangan masuk dapur dulu," tutur chef yang sudah memulai karirnya sejak tahun 1979 ini.

Menurut Sisca suasana hati yang buruk pasti akan mempengaruhi masakan kita, entah makanan yang rasanya tak karuan, hingga kegagalan lainnya. Masakan yang dibuat sepenuh hati, pasti rasanya akan jauh lebih enak.

Ia juga memberikan rahasia memasaknya, ia selalu menggunakan tiga bumbu dasar yang sederhana tapi mampu membuat rasa berbagai makanan menjadi lebih enak.
Masak Pakai 'Feeling' dan Bumbu Dasar Jadi Andalan Sisca SoewitomoFoto: iStock
"Saya biasanya menggunakan 3 bumbu dasar. Ada bumbu putih, yang berisi campuran bawang putih dan merah, jahe, kemiri, dan lainnya. Lalu ada bumbu kuning, campuran kemiri, kunyit jahe, merica, dan bawang. Terakhir ada bumbu merah, dominasinya cabe merah, tomat, bawang merah, dan bahan lainnya,"

Tiga bumbu dasar inilah yang menjadi kunci dari setiap masakan Indonesia yang enak.

"Sekarang di pasar sudah banyak yang jual bumbu dasar ini, jadi di rumah masak itu lebih mudah. Selama rajin masuk dapur, dan ada kemauan," pungkasnya.

Baca Juga: Akhir Pekan Ini Bisa Kulineran Seru Sambil Belajar Masak di Festival Ini

(sob/odi)