Cloud Bread Viral, Padahal Roti Ini Sudah Populer Sejak 2016

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Rabu, 05 Agu 2020 12:30 WIB
Cloud bread Foto: Getty Images/iStockphoto/DmyTo
Jakarta -

Roti awan atau cloud bread kini sedang viral di TikTok. Melihat asal-usulnya, cloud bread sebenarnya sudah populer sejak 2016 sebagai alternatif roti sehat.

Menelusuri pencarian resep di media sosial, terutama TikTok, pasti kamu akan menemukan kreasi cloud bread. Disebut demikian atau berarti 'roti awan', tekstur roti ini memang sangat lembut seperti awan atau kapas.

Dalam pembuatannya, cloud bread berbeda dengan roti biasa. Ini karena roti ini tidak memakai tepung terigu. Cloud bread dibuat dengan putih telur sebagai bahan utamanya dengan keju krim dan gula.

Cloud bread pertama kali muncul sekitar tahun 2016, namun bentuk dan komposisi resepnya sedikit berbeda dengan yang sekarang ini viral. Roti ini disebut-sebut sebagai alternatif roti sehat yang cocok dikonsumsi mereka yang sensitif gluten.

Lantas apa saja fakta menarik cloud bread? detikFood merangkumnya dari Mashed (5/8) seperti berikut:

1. Apa itu cloud bread, si roti sehat?

Cloud breadCloud bread Foto: Getty Images/iStockphoto/DmyTo

Cara membuat cloud bread pertama kali populer di Pinterest pada tahun 2016. Saat itu banyak pengguna Pinterest di Eropa dan Amerika tertarik dengan kreasi ini. Mereka ramai-ramai membagikan resep cloud bread.

Tampilan cloud bread yang dimaksud tidak seperti cloud bread yang kini tengah viral di TikTok. Bentuknya bulat dan cenderung agak datar, meski teksturnya tetap membal.

Bahan utama pembuatan cloud bread adalah telur, cream cheese, cream tartar, dan madu. Saat itu roti awan atau cloud bread sangat populer sebagai alternatif roti sehat karena tidak memakai tepung, bebas karbohidrat, tidak memakai banyak bahan tambahan, dan bebas gula buatan.

Baca Juga: Coba Resep Cloud Bread, Roti Awan Tanpa Terigu yang Viral di TikTok

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Masak Masak: Bikin Cloud Bread dengan Bahan Simpel"
[Gambas:Video 20detik]