Coba Resep Cloud Bread, Roti Awan Tanpa Terigu yang Viral di TikTok

Tim detikcom - detikFood Selasa, 04 Agu 2020 11:45 WIB
cloud bread Foto: Instagram Michelealex/Coba Resep Cloud Bread, Roti Awan Tanpa Terigu yang Viral di TikTok
Jakarta -

Makanan Cloud Bread lagi viral di TikTok. Cloud Bread adalah roti tanpa tepung terigu. Karena itu roti ini disebut roti sehat. Sehat karena roti ini tidak mengandung karbohidrat. Buat kamu yang lagi diet keto, roti ini sangat cocok.

Cloud Bread berbentuk bulat. Teksturnya sangat lembut seperti awan atau kapas. Oleh sebab itu roti ini disebut Cloud Bread.

Seperti yang disebutkan di atas, Cloud Bread tanpa tepung terigu. Bahannya antara lain adalah putih telur, gula pasir, dan maizena.

Berikut resep Cloud Bread ala Alex @cheekyKiddo di TikTok:

  • 3 Butir putih telur

  • 2 sdm gula pasir

  • 10 gram (1 sdm) tepung maizena

  • 1/2 sdt vanilla bubuk atau esens (jika suka)

  • Pewarna biru dan lainnya (seperlunya)

cloud breadcloud bread Foto: Instagram Michelealex

Cara membuat Cloud Bread:

Kocok 3 putih telur dan 10 gram gula pasir dengan mixer atau whisk (kocokan kawat). Kalau sudah setengah mengembang, masukkan tepung maizena sebagian demi sebagoan sambil kocok sampai kaku, jangan terlalu lama.

Jangan lupa memakai pewarna sedikit. Pisahkan menjadi 3 bagian. Ada bahan yang diberi warna ungu, biru, dan merah. Aduk secara perlahan. Letakkan kertas roti di atas loyang yang sudah diberi mentega lalu susun yang adonan yang berwarna merah, ungu, dan biru sesuai selera. Lalu bentuk bulat. Kemudian panggang Cloud Bread. Panggang di oven api atas bawah 150 derajat celcius selama sekitar 30-40 menit. Taraaaa, sudah jadi Cloud Bread-nya.

Cloud Bread di atas tidak menggunakan cream cheese. Kalau kamu mau memakai cream cheese, kamu bisa mengganti maizena dengan 3 sdm cream cheese dan 1/4 sdt cream tartar.

"Rasanya seperti chiffon cake," ujar Alex.

Sementara resep Cloud Bread tanpa oven sama seperti di atas. Pembedanya dimasaknya tidak menggunakan oven melainkan dengan panggangan atau panci. Letakkan kertas roti di atasnya yang sudah diberi margarin. Diamkan dengan api kecil selama 25-30 menit dan tutup panci.



Simak Video "Masak Masak: Bikin Cloud Bread dengan Bahan Simpel"
[Gambas:Video 20detik]
(nwy/pal)