ADVERTISEMENT

Cloud Bread, Roti Sehat Tanpa Tepung yang Digemari Banyak Orang

Tania Natalin Simanjuntak - detikFood
Senin, 25 Jan 2016 15:26 WIB
Foto: Food.com, Huffington
Jakarta - Tren makanan kesehatan masih menarik bagi banyak orang. Semakin banyak pula bermunculan makanan sehat dengan rasa enak. Kini, ada yang namanya Cloud Bread.

​Roti ini muncul di ​Pinterest yang punya banyak pengguna di negara seperti Eropa dan Amerika. Belakangan semakin populer dan banyak di-pinned orang, baik resep atau fotonya. Namun apa sebenarnya cloud bread itu?

Cloud bread adalah roti yang umumnya berbentuk bulat, dan tidak mengandung gluten atau gandum sama sekali. Karenanya, roti ini di​anggap lebih ​sehat. Selain itu, ​hanya memakai​ 3 sampai 4 bahan saja. Walau tak mengandung tepung, tekstur yang dihasilkan cloud bread lembut​ membal​ seperti roti.



Bahannya antara lain adalah telur, cream cheese, cream of tartar, dan madu. Hasilnya, ​roti​ ini lembut dan tetap manis, tapi lebih sehat karena bebas karbohidrat, tidak memakai banyak bahan, dan bebas gula buatan.

Di internet sendiri, ada begitu banyak resep pembuatan cloud bread. Rata-rata resepnya pun sama, hanya saja banyak orang yang memakai pemanis yang berbeda-beda. Cara membuatnya pun mudah. Anda ​p​isahkan putih telur dan kuning telur dalam dua wadah berbeda.

​Kocok ​k​uning telur ​dengan cream cheese ​yang sudah bersuhu ruangan ​dan​ madu. Kocok hingga lembut. Di wadah lain, campur putih telur dengan cream of tartar dan kocok dengan ​mikser ​kecepatan tinggi hingga kaku.

Campur kedua adonan​ hingga rata. Putih telur berfungsi membuat adonan naik mengembang dan ringan. Bentuk adonan menjadi bulatan di atas loyang datar kemudian ​panggang. ​C​loud bread yang bebas gluten, rendah kalori, serta rendah karbohidrat pun siap dinikmati.



​Kini banyak orang mengonsumsi roti ini sebagai makanan sehat. ​​K​reasi cloud bread ​juga beragam. Ada yang ​berbentuk pizza dengan topping, sandwich dengan aneka isian, atau juga menaburkan rempah kering di atasnya untuk menambah aroma.

(tan/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT