5 Sayuran dan Buah Albino, Dianggap Catat Tetapi Mahal Harganya

Devi Setya - detikFood Senin, 03 Agu 2020 18:30 WIB
sayuran dan buah albino Foto: istimewa
Jakarta -

Bukan hanya hewan saja yang bisa terlahir albino tanpa pigmen warna kulit. Tapi ada sayuran dan buah albino berwarna putih bersih tetapi mahal harganya.

Beberapa sayuran dan buah pernah membuat heboh karena warnanya putih. Sayuran dan buah ini termasuk cacat karena tumbuh tanpa pigmen warna alami. Alhasil, sayuran dan buah ini berwarna putih.

Sayuran dan buah albino tumbuh karena faktor kelainan genetik. Hal ini termasuk hal langka dan kerap disebut sebagai sayuran dan buah cacat karena ada zat yang tak terkandung dalam sayuran dan buah. Alih-alih dihindari, sayuran dan buah albino justru dicari dan dijual dengan harga fantastis.

Baca juga : Ini 6 Fakta Buah Strawberry Putih yang Berharga Fantastis

Dilansir dari berbagai sumber, berikut sayuran dan buah albino yang tumbuh dengan warna putih eksotis.

1. Labu air

sayuran dan buah albinosayuran dan buah albino Foto: istimewa


Seorang wanita bernama Susan secara tak sengaja menemukan labu air albino di halaman rumahnya. Labu air ini merupakan buah dari tanaman miliknya yang dirawat di halaman belakang kediamannya. Susan kaget mendapati sebuah labu air berwarna putih bersih, berbeda dengan labu air lainnya yang biasanya berwarna hijau kekuningan.

Dilansir dari Best Food Fact (3/8) Dr. Kevin Folta, profesor dan ketua Departemen Ilmu Holtikultura di University of Florida mengatakan labu air ini tidak mengandung zat karoteniod yakni pigmen pemberi warna kuning pada tumbuhan. Labu air ini termasuk kategori cacat.

Meskipun demikian, labu ini menarik perhatian karena warnanya yang ekssotis. Dr Folta menjelaskan labu air ini memiliki kandungan nutrisi yang jauh dibawah labu air normal. Rasa dari labu air ini juga cenderung lebih tawar.

2. Mentimun

sayuran dan buah albinosayuran dan buah albino Foto: istimewa


Umumnya mentimun memiliki warna hijau, tapi mentimun satu ini punya warna putih bersih. Daun dan batang di sekitar buah mentimun ini berwarna normal yakni hijau, hanya bagian buahnya saja yang berwarna putih.

Mentimun albino ini merupakan tanaman yang dikembangkan sejak tahun 1893. Kini mentimun albino bahkan jadi varietas yang perjual belikan. Mentimun albino kerap disebut sebagai 'White Wonder', 'Ivory King', 'Jack Frost' dan 'White Albino'. Meskipun terbilang mentimun cacat tapi rasanya manis dan enak.

Biasanya mentimun albino ini dijadikan campuran salad, acar dan berbagai makanan lainnya. Warnanya yang putih bersih menjadikan mentimun banyak diburu masyarakat.

3. Labu parang

sayuran dan buah albinosayuran dan buah albino Foto: istimewa

Labu parang punya warna ikonik oranye kecoklatan, tapi ada juga labu parang yang putih dan kerap disebut albino. Labu parang ini punya tampilan unik, bukan hanya bagian kulitnya yang berwarna putih tapi juga bagian daging buahnya.

Labu parang albino ini juga dikenal dengan sebutan ghost pumpkin, snowball, casper dan cotton candy pumpkin. Labu parang albino saat ini sudah banyak dikembangkan oleh petani dan ilmuwan pertanian karena warnanya yang unik serta tampilannya menarik.

Saat masa panen, labu parang albino ini harus segera dipanen karena kalau terlalu matang akan menyebabkan warnanya berubah menjadi kecoklatan. Di pasaran, labu parang albino termasuk masih langka dan dijual dengan harga sangat tinggi.

4. Strawberry

sayuran dan buah albinosayuran dan buah albino Foto: istimewa


Buah yang juga banyak mengalami kecacatan pigmen warna adalah strawberry. Penyebab warna putih pada strawberry selalu dikaitkan dengan kandungan nitrogen dalam tanaman ini. Berbeda dengan strawberry yang biasanya berwarna merah segar, strawberry albino punya warna putih berbintik hitam pada bagian bijinya.

Rasa strawberry albino cenderung hambar dan tak enak. Para petani mengatakan strawberry albino biasanya tumbuh pada saat cuaca sedang tidak menentu, terutama di saat musim hujan.

Baca juga : Selain Terung Ungu, Jenis Terung Ini Juga Patut Dicicip

5. Terong

sayuran dan buah albinosayuran dan buah albino Foto: istimewa


Biasanya buah terong memiliki warna hijau atau ungiu, tapi terong albino selalu berwarna putih polos. Terong albino jadi varietas yang tengah dikembangkan di Inggris dan nantinya akan dipasarkan secara komersial di supermarket dan pasar di kawasan Inggris.

Terong albino ini dikenal dengan sebutan terong salju, bagian daging dan biji terong ini bahkan berwarna putih bersih. Ukuran terong jauh lebih kecil dibandingkan terong ungu namun soal tekstur, kabarnya terong albino lebih lembut.

Terong albino ini juga banyak dikembangkan di Belanda. Terong albino dijual perbuah dengan kisaran harga Rp 23 ribu.

(dvs/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com