Ini 5 Ikan Paling Mahal di Dunia yang Jadi Makanan Mewah

Sonia Basoni - detikFood Senin, 03 Agu 2020 09:00 WIB
Ikan Paling Mahal di Dunia Foto: iStock
Jakarta -

Populer di seluruh dunia, ada ribuan jenis ikan yang bisa dimakan. Diantaranya ada beberapa ikan paling mahal di dunia yang jadi makanan mewah.

Sebagai salah satu makanan yang mengandung banyak nutrisi dan berkhasiat untuk kesehatan, ikan sering diolah menjadi berbagai jenis hidangan. Mulai dari ikan mentah seperti sushi dan sashimi di Jepang, hingga ikan bakar yang digemari di banyak negara.

Kisaran harga ikan ini cukup beragam ada yang murah dan mahal. Beberapa ikan bahkan memiliki harga yang sangat tinggi sampai masuk ke dalam jajaran ikan paling mahal di dunia. Salah satunya ada Bluefin Tuna yang langka, Fugu yang beracun namun memikat, Wild King Salmon yang memiliki rasa lezat.

Dilansir dari Money Nation (02/08), berikut lima ikan paling mahal di dunia yang jadi makanan mewah.

Baca Juga: Ini 10 Bahan Makanan Termahal di Dunia, 2 dari Indonesia

1. Bluefin Tuna

Ikan Paling Mahal di DuniaIkan Paling Mahal di Dunia Foto: iStock

Bisa dibilang jenis ikan yang satu ini mengundang pro dan kontra. Karena Bluefin Tuna merupakan salah satu ikan dengan harga paling mahal di dunia. Jenis ikan yang satu ini sangat populer di Jepang dan biasanya dijual dengan cara dilelang.

Bahkan pada awal tahun 2020, Bluefin Tuna seberat 276 kg berhasil terjual di angka 193 juta yen (Rp 24,9 miliar). Bukan tanpa alasan mengapa ikan ini memiliki harga sangat tinggi. Ikan ini dikenal langka karena populasinya yang terus menurun bahkan diambang kepunahan.

Banyak pecinta hewan yang meminta perdagangan dan pemburuan ikan Bluefin Tuna dihentikan. Namun minatnya pembeli membuat ikan ini tetap diburu untuk diambil dagingnya. Biasanya Bluefin Tuna diolah menjadi sushi yang mahal di banyak restoran mewah.

2. Puffer Fish

Ikan Paling Mahal di DuniaIkan Paling Mahal di Dunia Foto: iStock

Dikenal juga dengan nama ikan Fugu, ikan yang satu ini terkenal dengan duri-durinya dan racunnya yang mematikan. Meski dianggap sebagai ikan yang berbahaya tapi konsumsinya sendiri masih cukup tinggi, bahkan di Jepang ikan ini dianggap sebagai makanan mewah.

Kisaran harganya bisa mencapai USD 65 - USD 200 (Rp 955,932 - Rp 2,941,330) per ekornya. Hidangan ini sangat mahal karena tak semua orang bisa menyajikannya dan membuang racunnya. Karena salah sedikit saja, ikan Fugu ini bisa berubah menjadi racun yang berakibat fatal pada tubuh manusia.

Sama seperti Bluefin Tuna, ikan Fugu juga mengundang banyak kritik. Di akhir tahun 2019 lalu ada seorang bocah yang kritis setelah menyantap ikan Fugu beracun.

Baca Juga: Diberi Makan Ikan Fugu yang Beracun dan Berbahaya, Bocah Ini Kritis

3. Ikan Todak

Ikan Paling Mahal di DuniaIkan Paling Mahal di Dunia Foto: iStock

Ikan Todak biasanya ditemukan di Pasifik dan perairan tropis lainnya. Ikan ini masuk ke dalam salah satu jenis ikan yang sebaiknya tidak dikonsumsi. Namun bagi sebagian orang ikan ini justru dianggap sebagai makanan mewah yang mahal harganya.

Tekstur dagingnya cukup tebal dan rasanya enak. Tapi karena sulit ditangkap dan tak semua orang bisa mengolahnya, membuat harga ikan todak ini sangat mahal bahkan masuk ke daftar ikan termahal di dunia.

Meski rasanya cukup enak, tapi banyak penelitian yang menemukan bahwa ikan ini memiliki kandungan merkuri yang sangat tinggi. Apalagi ikan-ikan todak yang berusia tua membuat kandungan merkurinya semakin banyak dan berbahaya untuk tubuh. Kisaran harganya sekitar USD 62 (Rp 911,000) per 20 ons.

4. Yellowfin Tuna

Ikan Paling Mahal di DuniaIkan Paling Mahal di Dunia Foto: iStock

Selain Bluefin Tuna ada lagi kembaran ikan tuna yang tak kalah mahal harganya. Namanya Yellowfin Tuna dikenal juga dengan nama Ahi. Ikan yang satu ini sering disajikan di berbagai restoran mewah kelas dunia.

Mulai dari Amerika hingga Jepang semuanya menyukai jenis ikan ini. Harganya yang tinggi disebabkan Yellowfin Tuna yang dianggap sebagai pengganti Bluefin Tuna yang diambang kepunahan.

Sampai sekarang Yellowfin Tuna masih bertengger di jajaran ikan paling mahal di dunia. Ikan ini bisa disajikan sebagai topping salad hingga steak. Untuk kisaran harganya berkisar sekitar USD 99 (Rp 1,4 juta) per 1 kg.

5. Wild King Salmon

Ikan Paling Mahal di DuniaIkan Paling Mahal di Dunia Foto: iStock

Sebagai salah satu jenis ikan yang paling populer dan digemari di dunia, ikan salmon memiliki jenis yang beragam. Salah satunya ada Wild King Salmon yang dikenal juga dengan nama Chinook Salmon.

Ikan salmon yang satu ini disebut yang paling mahal karena sulitnya ikan ini ditangkap. Apalagi ikan ini mengandung lemak yang paling tinggi dibandingkan ikan lainnya. Termasuk rasanya yang enak dan lebih kuat.

Ikan salmon liar ini kebanyakan ditemukan di Alaska, jenisnya dianggap lebih unggul dibandingkan ikan salmon yang diternak. Untuk kisaran harganya sendiri cukup beragam tapi biasanya di kisaran USD 30 (Rp 441,226) per 500 gram.

Baca Juga: Selain Rasanya Enak, 12 Makanan Ini Harganya Termahal di Dunia

(sob/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com