Sajian Maknyus Idul Adha

Bumbu Rendang Komplet Untuk 1 Kilogram Daging

Odilia WS - detikFood Sabtu, 01 Agu 2020 11:30 WIB
Bumbu Rendang untuk 1 Kilogram Daging Foto: detikfood
Jakarta -

Jumlah daging dan jumlah bumbu rendang harus seimbang supaya rasanya enak. Berikut ini panduan bumbu rendang komplet untuk 1 kilogram daging.

Rendang merupakan masakan khas Minangkabau yang tak hanya digemari banyak orang Indonesia tetapi juga di dunia. Tak berlebihan karena rendang dimasak dengan banyak rempah dan bumbu sehingga rasanya sungguh lezat menggoyang lidah. Kuncinya terletak pada racikan bumbu rendang yang komplet.

Dalam kuliner internasional dikenal sebagai 'caramelized beef curry'. Karena memakai banyak rempah yang dimasak perlahan hingga menyatu dengan santan membentuk karamel bumbu yang dahsyat rasanya. Inilah kehebatan rendang.

Proses membuat rendang secara tradisional bisa lebih dari 7 jam dengan api kayu. Selain itu bahan-bahan bumbu dan daging juga mahal. Dengan biaya dan waktu yang begitu panjang tentunya orang berharap bisa menghasilkan rendang yang lezat.

Umumnya orang Minang membuat rendang dari berkilo-kilo daging sapi. Karena rendang memang merupakan cara mengawetkan daging khas Minang. Rendang bisa dibiarkan lama dalam suhu ruangan tanpa berkurang rasanya. Dibawa sebagai bekal berlayar atau merantau yang bisa dimakan setiap saat dengan nasi hangat.

Jika hari ini kamu dapat beberapa kilogram daging kurban Idul Adha dan ingin mengolah menjadi rendang. Ini beberapa hal yang perlu kamu perhatikan untuk bumbu rendang.

1. Bumbu Segar

Bumbu rendang terdiri dari bumbu segar, rempah kering dan bumbu halus. Untuk bumbu segar terdiri daun kunyit, daun salam, daun jeruk, lengkuas dan serai. Bumbu harus dalam keadaan segar dan bagus.

Untuk serai pilih yang batangnya cukup besar dan bersih segar. Buang tangkainya yang panjang dan memarkan bagian pangkalnya hingga pipih agar aroma serai larut dalam bumbu. Untuk daun kunyit pilih yang tak terlalu tua, cuci bersih dan simpukan. Aroma khas daun kunyit membuat rendang wangi aromanya.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3