Sajian Maknyus Idul Adha

5 Tips Membuat Nasi Kebuli Kambing Pakai Rice Cooker

Riska Fitria - detikFood Sabtu, 01 Agu 2020 08:00 WIB
Tips membuat nasi kebuli Tips membuat nasi kebuli Foto: detikFood

3. Pakai Rice Cooker

Resep nasi kebuli kambingResep nasi kebuli kambing Foto: detikFood

Jika ingin yang lebih praktis lagi, kamu bisa memanfaatkan rice cooker untuk memasak nasi kebuli. Cara memasaknya sama seperti memasak nasi biasa. Beras yang sudah dicuci dan bersih dimasukkan ke dalam rice cooker.

Kemudian, beras tersebut dicampur dengan bumbu rempah bekas perebusan daging kambing. Proses ini untuk membuat rasa nasi kebuli menjadi gurih. Setelah itu, tutup rice cooker dan masak nasi kebuli sampai matang. Jangan lupa aduk-aduk beberapa kali supaya tak ada endapan bumbu di dasar rice cooker.

Nasi dari beras basmati yang sudah matang ukurannya akan berubah lebih panjang dari sebelumnya. Warnanya juga berubah jadi kecokelatan. Nah, lalu tambahkan bawang goreng dan kismis ke dalam nasinya. Jika suka rasa gurih bisa ditambahkan minyak samin ke dalam nasi, aduk hingga rata dan minyak samin meleleh dan sajikan di wadah.

4. Gunakan Minyak Samin

minyak saminminyak samin Foto: iStock

Selain penggunaan rempah yang beragam, tips membuat nasi kebuli agar lebih lezat lagi adalah dengan mencampurkan minyak samin. Minyak samin atau bisa dikenal dengan sebutan ghee adalah mentega yang dijernihkan dan dibuang endapannya.

Minyak samin berwarna kekuningan dengan tekstur yang lembut dan berbentuk padat. Minyak samin digunakan untuk menumis bumbu halus nasi kebuli, seperti bawang merah, bawang putih bawang bombay dan jahe.

Selain itu, minyak samin juga bisa dicampur dalam beras basmati yang dimasak di rice cooker. Dengan campuran minyak samin, nasi kebuli akan lebih beraroma dan lebih nikmat. Jika tak ada minyak samin bisa dipakai mentega tawar (unsalted butter).

Selanjutnya
Halaman
1 2 3