Ragam Olahan Nasi

Beras Basmati dan Rempah Bikin Olahan Nasi India Aromatik Sedap

Devi Setya - detikFood Rabu, 10 Jul 2019 18:50 WIB
Foto: istimewa Foto: istimewa
FOKUS BERITA Ragam Olahan Nasi
Jakarta - Bumbu dan rempah India membuat varian olahan masakan khasnya terasa sangat sedap. Apalagi diolah dengan beras basmati yang khas.

Beras basmati jenis long grain atau berbutir panjang jadi ciri khas nasi India. Ditanak jadi nasi beras ini mengembang kecil panjang, terlihat pera tetapi saat dimakan terasa pulen. Beras ini cocok dimasak dengan rempah dan daging.

Seperti nasi biryani yang populer hingga mancanegara. Beras yang dimasak bersama daging kambing dan beragam rempah rasanya jadi pulen enak. Berikut ini beberapa olahan nasi khas India mulai dari nasi biryani hingga brinji rice yang unik.

1. Nasi Biryani
Beras Basmati dan Rempah Bikin Olahan Nasi India Aromatik SedapFoto: istimewa

Biryani atau biasa disebut juga dengan biriyani atau briyani adalah olahan nasi yang berasal dari India. Nasi ini juga diketahui berasal dari komunitas Muslim India yang awalnya menyajikan menu ini untuk upacara adat.

Nasi biryani dibuat dengan menggunakan beras long rice basmati dengan campuran aneka rempah India. Nasi ini semakin istimewa dengan tambahan berbagai daging mulai ayam, kambing, sapi, domba bahkan seafood dan sayuran.

Meskipun dikenal berasal dari India, tapi nasi biryani juga populer di berbagai negara. Rasanya yang lezat berbumbu membuat olahan nasi ini disukai banyak orang.

Baca juga : Tagine dan Nasi Biryani, Suguhan Hari Raya di Afrika Utara dan India

2. Jeera Rice
Beras Basmati dan Rempah Bikin Olahan Nasi India Aromatik SedapFoto: istimewa

Olahan nasi ini dibuat dengan campuran biji jeera atau jintan. Meskipun bumbu dan proses pemasakannya sederhana, tapi aroma dan rasa khas rempah ini membuat nasi sangat khas.

Saking sederhananya, nasi ini memiliki warna putih bersih. Hanya terlihat beberapa butir jintan tercampur pada nasi. Untuk membuat jeera rice, masyakarat India biasa memanfaatkan beras basmati.

3. Puliyogare
Beras Basmati dan Rempah Bikin Olahan Nasi India Aromatik SedapFoto: istimewa

Hidangan ini sering disebut juga dengan nasi asam karena rasanya yang dominan asam. Nasi berwarna kecoklatan dengan bumbu pekat ini biasanya disajikan sebagai menu utama saat upacara adat.

Untuk membuat puliyogare, dibutuhkan bumbu seperti asam, bubuk ketumbar, cabai merah. kunyit, daun kari dan berbagai rempah lainnya. Rasanya unik karena ditambahkan air asam yang kecut segar.

4. Nasi Brinji
Beras Basmati dan Rempah Bikin Olahan Nasi India Aromatik SedapFoto: istimewa

Nasi Brinji juga terkenal sebagai olahan nasi legendaris khas India. Bahkan kabarnya nasi brinji lebih dulu populer sebelum nasi biryani. Nama nasi ini diambil dari rempah utamanya yakni daun brinji atau daun salam khas Tamil.

Rempah yang digunakan untuk membuat nasi brinji juga tak kalah banyak. Inilah yang membuat rasanya pekat akan bumbu. Tak hanya rempah, nasi juga dimasak dengan santan dan campuran bahan lain seperti kentang, wortel hingga kacang polong.

Baca juga : Ada Menu Buka Puasa Istimewa Pakai Nasi Briyani Plus Kari Domba di Sini

5. Vaangi Bath
Beras Basmati dan Rempah Bikin Olahan Nasi India Aromatik SedapFoto: istimewa

Olahan nasi yang satu ini identik sebagai sajian khas masyarakat India ketika menggelar pesta pernikahan. Selain nasi, bahan utama untuk membuat sajian ini adalah brinjal atau terung hijau yang dimasak bersama nasi dan bumbu.

Vaangi bath juga semakin lezat karena dimasak dengan bumbu masala khas India. Makin enak lagi jika nasi disantap dengan lauk pendamping seperti sandige atau keripik nasi dan mosaru bajji atau pasta mentimun.

Simak Video "Merapat ke 'Kratong Song Krueng' untuk Cicipi Rujak Kecapi"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)
FOKUS BERITA Ragam Olahan Nasi