Tagine dan Nasi Biryani, Suguhan Hari Raya di Afrika Utara dan India

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Rabu, 06 Jul 2016 11:15 WIB
Foto: iStock
Jakarta - Umat muslim seluruh dunia juga merayakan Idul Fitri. Mereka juga punya hidangan khas yang tak kalah enak dan unik.

Jika di Indonesia lebaran identik dengan ketupat dan opor, maka di negara lain ada pula hidangan khas yang wajib tersedia di hari raya. Seperti dilansir dari My Halal Kitchen (5/7), inilah hidangan tersebut.

1. Afrika Utara
Foto: My Halal Kitchen

Tagine populer sebagai menu lebaran masyarakat Maroko, Algeria, dan Tunisia di Afrika Utara. Hanya saja terdapat sedikit perbedaan tagine di tiap negara atau wilayah di sana. Warga setempat kerap menggabungkan bumbu dan bahan lokal dengan resep tradisional tagine yang mereka miliki. Tagine sendiri merujuk pada pot gerabah yang menjadi tempat memasak hidangan. Umumnya isian tagine berupa sayuran dan daging.

Di Maroko, ada Boulfaf yaitu tagine hati domba panggang yang jadi hidangan wajib hari raya. Sementara di Libya ada Tbeikhet 'Eid yang merupakan olahan daging domba dengan rebusan labu dan chickpea serta kismis.

2. Amerika Serikat
Foto: An Italian in My Kitchen

My Halal Kitchen menceritakan menu lebaran di Amerika Serikat tidak ada yang khusus. Banyaknya imigran yang datang membuat sajian hari raya juga beragam. Beberapa diantaranya adalah pasta Italia dengan sayuran segar. Atau ayam panggang yang dipadukan dengan bahan makanan musiman disana.

3. Timur Tengah, Turki, dan Asia Tengah
Foto: My Halal Kitchen

Kebab atau kabob jadi makanan paling populer di Timur Tengah dan merambah ke Asia Tengah. Sajian berbahan daging ini juga umum ditemui saat lebaran. Terdapat banyak versi dalam menyajikan kebab. Ada yang menjadikannya isian dalam roti tortilla, dibuat patty, atau ditusuk dan dibakar bersama potongan sayuran seperti tomat, bawang bombay, dan paprika.

4. Asia Selatan
Foto: iStock

Masyarakat India, Pakistan, dan Benggala menyukai makanan berempah termasuk saat Idul Fitri. Karenanya nasi biryani tersedia di meja lebaran. Panganan berbahan beras basmati ini asalnya dari Persia. Berupa nasi dengan paduan rempah, sayuran, dan daging. Termasuk daging kambing, domba, atau ayam.

Ada juga haleem yang jadi favorit masyarakat India-Pakistan. Hidangan ini berupa daging yang dimasak lama bersama biji-bijian seperti lentil dan bulgur. Kuahnya pekat dengan rasa rempah yang kuat. Sementara untuk dessert tersedia Carrot Halva, parutan wortel manis yang disajikan bersama chappati (roti) dan keema (daging giling) yang sedikit pedas. (lus/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com