Sajian Maknyus Idul Adha

5 Tips Membuat Nasi Kebuli Kambing Pakai Rice Cooker

Riska Fitria - detikFood Sabtu, 01 Agu 2020 08:00 WIB
Tips membuat nasi kebuli Tips membuat nasi kebuli Foto: detikFood
Jakarta -

Nasi kebuli kambing jadi sajian spesial saat perayaan Idul Adha. Memasak nasi kebuli bisa menggunakan rice cooker sehingga lebih praktis. Ini tipsnya!

Nasi kebuli dikenal sebagai hidangan nasi berbumbu rempah. Biasanya menyantap nasi kebuli dilengkapi dengan daging kambing yang empuk. Namun, bisa juga diganti dengan daging ayam tergantung selera masing-masing.

Tak perlu membeli, nasi kebuli kambing juga bisa dibuat sendiri di rumah. Caranya mudah, hanya menggunakan rice cooker seperti memasak nasi putih biasa. Sebelum memasak nasi kebuli, sebaiknya perhatikan beberapa tips mulai dari jenis beras yang dipakai hingga penggunaan rempah dan bumbu.

Berikut 5 tips membuat nasi kebuli kambing pakai rice cooker.

1. Pilih Beras Pera

Resep nasi kebuli kambingResep nasi kebuli kambing Foto: detikFood

Jika ingin memasak nasi kebuli, perhatikan dulu jenis beras yang dipilih. Biasanya nasi kebuli menggunakan jenis beras bebrulir panjang, pera yang menghisap banyak air, tidak lengket tapi tetap pulen. Jenis beras lokal seperi ramos atau setra ramos yang berbulir panjang bisa jadi pilihan.

Bisa juga memakai beras basmati dari India atau Pakistan. Beras ini termasuk jenis long grain atau berbulir panjang. Banyak dijual di pasar tradisional dengan harga Rp 30.000 - Rp. 40.000 per kilogram.

Jika dimasak dengan air beras ini akan mengembang lebih panjang, hampir dua kali lipat. Jika dilihat tampilannya, nasi beras basmati terlihat pera, tetapi saat dimakan terasa pulen teksturnya. Sebelum dimasak, beras ini sebaiknya direndam air dingin selama 30 menit - 1 jam.

Selain cocok untuk membuat nasi kebuli, beras basmati juga bisa diolah menjadi nasi biryani, jeera rice, puliyogare, nasi brinji hingga vaangi bath. Dalam berbagai olahan itu, beras basmati dicampur dengan rempah-rempah untuk membuat rasanya menjadi gurih.

Baca Juga : Beras Basmati dan Rempah Bikin Olahan Nasi India Aromatik Sedap

2. Bisa Pakai Bumbu Praktis

Tips membuat nasi kebuliTips membuat nasi kebuli Foto: detikFood

Nasi kebuli dimasak dengan berbagai bumbu, ada bumbu segar, rempah-rempah kering seperti jintan, ketumbar, merica, kapulaga, cengkeh, hingga kayu manis. Banyaknya jenis rempah yang dipakai terkadang sulit mendapatkan atau mengingat namanya.

Namun jangan khawatir, kamu bisa menggunakan paket bumbu praktis. Bumbu tersebut bernama Pemasak Kambing. Dalam satu kemasan, bumbu tersebut sudah berisi campuran dari jenis-jenis rempah bubuk yang dibutuhkan untuk memasak nasi kebuli.

Paket bumbu ini banyak tersedia di pasar-pasar tradisional bagian bumbu atau situs belanja online. Untuk ukuran yang kecil dibanderol sekitar Rp 3.500. Paket bumbu ini bisa jadi pilihan praktis saat masak nasi kebuli. Tinggal dicampur dengan bumbu segarnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3