Ini 5 Fakta Unik Sushi hingga Mie Instan yang Jarang Diungkap

Sonia Basoni - detikFood Rabu, 29 Jul 2020 18:30 WIB
Fakta Unik Sushi hingga Mie Instan Foto: iStock/GBS/Ist
Jakarta -

Banyak fakta unik seputar makanan, seperti sushi hingga mie instan yang jarang diketahui orang. Ada yang berkaitan dengan perang hingga wabah kelaparan.

Banyak makanan dan minuman populer yang sudah eksis sejak dulu sampai sekarang. Tapi jarang yang tahu beberapa fakta unik seputar produk makanan ini. Banyak di antaranya yang memiliki fakta mengejutkan.

Seperti asal-usul sushi salmon yang ternyata bukan berasal dari Jepang. Lalu ada juga kisah Coca-Cola dengan warna bening seperti air putih untuk dikirim ke Rusia. Kemudian ada juga kisah mie instan cup yang ternyata awalnya digunakan untuk mengurangi wabah kelaparan.

Dilansir dari Great Big Story (29/07), berikut fakta menarik seputar makanan yang jarang diketahui.

Baca Juga: Ini 5 Fakta Menarik Seputar Makanan Korea


1. Penyelundupan Coca-Cola

Fakta Unik Sushi hingga Mie InstanFakta Unik Sushi hingga Mie Instan Foto: iStock/GBS/Ist

Coca-Cola merupakan minuman bersoda yang sudah ada sejak puluhan tahun lalu. Minuman ini semakin populer di era Perang Dunia II, hingga membuat salah satu marsekal asal Rusia menyelundupkan Coca-Cola.

Ceritanya berawal dari Marsekal Georgy Zhukov yang saat itu sangat menggemari Coca-Cola. Karena saat itu Coca-Cola dianggap sebagai minuman yang melambangkan Amerika, membuat Zhukov tak mau orang tahu bahwa dia suka sekali dengan minuman soda tersebut.

Akhirnya ia meminta Jenderal Mark W Clark asal Amerika untuk memproduksi Coca-Cola dengan warna bening seperti vodka dan air putih. Coca-Cola pun menyetujui permintaan ini.

Pada tahun 1946 akhirnya Coca-Cola bening ini dikirim dalam botol putih. Meski bening tapi rasa dan teksturnya sama seperti Coca-Cola pada umumnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3