Ngeri! Kepala Kambing Utuh Jadi Menu Sarapan Favorit di India

Devi Setya - detikFood Selasa, 28 Jul 2020 06:00 WIB
curry goat head on the plate Foto: Istimewa
Jakarta -

Kuliner India memang punya segudang keunikan, salah satunya menu bernama thale maamsa. Hidangan ini adalah kepala kambing utuh yang disajikan sebagai menu sarapan. Ngeri!

Dibutuhkan nyali dan keberanian untuk menyantap menu sarapan khas India yang satu ini. Karena bagi orang yang sensitif tentu akan merasa mual melihatnya. Alih-alih tampil menggoda, menu sarapan ini justru terlihat mengerikan.

Bagaimana tidak, thale maamsa merupakan hidangan sarapan favorit masyarakat India. Bahan utama hidangan ini adalah kepala kambing yang disajikan utuh tanpa dipotong-potong kecil. Kepala kambing ini benar-benar utuh, bagian telinga, mata, gigi bahkan otaknya masih lengkap.

curry goat head on the platecurry goat head on the plate Foto: Istimewa

Baca juga : Menu Sarapan di 5 Negara Ini Pakai Kepala Kambing Segar dan Utuh

Dilansir dari Saveur (28/7) thale maamsa banyak disajikan di daerah Bengaluru. Bagian kepala kambing ini dimasak dengan bumbu kari yang pekat dan biasanya disantap dengan dosa, yakni roti asal India.

Bagian kepala kambing ini direbus bersama aneka bumbu seperti jahe, kayu manis, cabai dan bawang putih. Proses masaknya terbilang lama karena untuk memastikan kalau seluruh bagian kepala kambing matang dengan sempurna.

Setelah direbus hingga matang, kepala kambing ini kembali dimasak dengan bumbu kari yang rasanya kuat. Kuah kental membuat sajian kambing ini semakin menarik.

Selain dengan dosa, ada juga masyarakat yang menyantap kepala kambing ini dengan nasi briyani. Biasanya menu sarapan ini jadi pilihan saat bersantap bersama keluarga atau rekan-rekan. Satu potong kepala kambing bisa dinikmati hingga 5 orang.

Untuk menyantapnya, kamu harus mencungkil bagian kepala kambing sedikit demi sedikit dan menyantap dagingnya. Bagian paling enak adalah area pipi yang punya tekstur empuk kenyal. Beberapa tulang rawan pada kepala kambing juga punya tekstur enak jadi meskipun tampilannya mengerikan tapi banyak penggemarnya.

curry goat head on the platecurry goat head on the plate Foto: Istimewa

Baca juga : Super Spesial! Tongseng Kepala Kambing Menayu Khas Magelang

Bagi para pelancong yang datang ke India, para pedagang biasanya menawarkan thale maamsa dalam bentuk potongan. Bagian kepala kambing sudah dipotong kecil untuk membuat tampilannya tak mengerikan.

Di daerah Bengaluru tidak sulit mencari tempat makan yang menawarkan thale maamsa. Menu ini biasa disajikan pagi hari sebagai santapan sarapan. Berani coba?



Simak Video "d'Happening Viral S3 Marketing Odading Mang Oleh"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)