Cantik dan Unik, Dumpling Isi Buah dan Kacang Ini Dilapisi Kulit Transparan

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Minggu, 26 Jul 2020 16:00 WIB
Dumpling unik buatan Dumpling Galaxy Foto: Insider
Jakarta -

Kreasi dumpling ini unik karena merupakan dessert dengan isian manis. Apalagi kulit pembungkusnya bening transparan. Cantik dan unik!

Dumpling atau pangsit adalah salah satu jenis dim sum populer. Dumpling sangat lekat dengan budaya China dan memiliki banyak jenis. Misalnya jiaozi yang berisi daging cincang dan har gau dengan isian udang.

Baca Juga: Dumpling Lambang Kekayaan yang Harus Disajikan di Tahun Baru

Di Queens, New York, ada restoran khusus dumpling yang menarik perhatian. Namanya Dumpling Galaxy dengan lebih dari 100 jenis pilihan dumpling.

Dumpling unik buatan Dumpling GalaxyDumpling unik buatan Dumpling Galaxy Foto: Insider

Dikutip dari Insider (23/7), salah satu kreasi dumpling-nya yang memikat adalah Crystal Dessert Dumplings. Berupa dumpling manis yang memakai kulit bening, transparan, dan tembus pandang.

Helen You, chef dan pemilik Dumpling Galaxy mengatakan, "Dumpling ini saya yang membuatnya. Ini bukan dumpling tradisional. Saya dapat ide saat melihat tas tembus pandang di pantai. Lalu saya taruh semua isian dumpling di dalam dan membungkusnya dengan kulit dumpling bening/tembus pandang. "

Dumpling unik buatan Dumpling GalaxyDumpling unik buatan Dumpling Galaxy Foto: Insider

Kulit dumpling ini dibuat dari gelatin. Memasaknya seperti agar-agar. Bubuk gelatin direbus sampai mendidih lalu dituang ke piring ceper sehingga membentuk lembaran. Lalu tinggal tunggu lembaran gelatin ini mengeras dan bisa dipakai layaknya kulit dumpling biasa.

Karena merupakan dumpling dessert, dumpling cantik ini diberi ragam isian manis. Dumpling Galaxy memakai ragam paduan bijian dan kacang-kacangan, seperti kacang mede, kacang tanah, kenari, wijen, dan biji labu.

Dumpling unik buatan Dumpling GalaxyDumpling unik buatan Dumpling Galaxy Foto: Insider

Lalu untuk toppingnya ada pir Asia yang renyah manis dan tomat. Helen membungkus dumpling dessert dengan hati-hati, memastikan lembarannya tak robek. Dumpling dessert inipun siap dinikmati.

Baca Juga: Momo, Gyoza, dan Fufu, Dumpling Unik dari Mancanegara

Em dan Herrine dari Insider berkesempatan mencicipi kreasi dumpling unik dan cantik ini. Herrine bilang rasanya mirip granola bar. "Pembungkus gelatin sebenarnya tak memiliki rasa apapun, hanya untuk 'merayakan' dumpling," kata Herrine.

Dumpling unik buatan Dumpling GalaxyDumpling unik buatan Dumpling Galaxy Foto: Insider

Dumpling kreatif lain juga ada di Dumpling Galaxy. Helen mengaku ide terciptanya menu ini berasal dari dirinya sendiri. Salah satunya dumpling goreng pelangi.

Bentuknya seperti crepe tipis dengan topping 6 dumpling warna-warni. Warna ini berasal dari pemakaian bahan alami seperti wortel dan bayam.

Lalu ada juga dumpling mawar yang kulitnya sengaja dibentuk seperti bunga mawar. Warnanya putih dengan isian daging cincang. Wah, menarik banget ya!



Simak Video "Oishii! Renyah Lembut Gyoza ala Osaka"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/odi)