5 Lagu tentang Makanan Indonesia Ini Ciptaan Musisi Luar Negeri

Riska Fitria - detikFood Minggu, 26 Jul 2020 17:00 WIB
lagu nasi goreng Lagu tentang nasi goreng Foto: iStock/Alchetron
Jakarta -

Makanan Indonesia tidak hanya menarik lidah masyarakat lokal, tetapi juga mancanegara. Sampai-sampai ada musisi yang menciptakan lagu tentang makanan Indonesia.

Indonesia memiliki beragam kuliner, dari Sabang hingga Merauke. Setiap kuliner memiliki ciri khas tersendiri karena menawarkan rasa yang berbeda di setiap gigitan. Bangganya lagi, makanan Indonesia sampai populer hingga ke luar negeri.

Itu berawal dari banyaknya turis yang berlibur ke Indonesia dan mencicipi kulinernya. Saat dimakan ternyata rasa makanan itu pas di lidah mereka. Kecintaan mereka dengan makanan Indonesia bahkan bisa disebut melebih orang lokal itu sendiri.

Pasalnya sampai ada yang berdedikasi untuk menciptakan makanan Indonesia. Makanan Indonesia yang dibuatkan lagu ada mulai dari nasi goreng, nasi padang, mie instan hingga bakso.

Berikut 5 lagu tentang makanan Indonesia yang diciptakan oleh musisi luar negeri.

1. Nasi Goreng

Nasi Goreng BandungNasi Goreng Bandung Foto: iStock/detikFood

Lezatnya nasi goreng ternyata menginspirasi para musisi luar negeri ini dalam menciptakan lagu. Ada lagu tentang nasi goreng dalam bahasa Belanda. Lagu tersebut diciptakan oleh Wieteke van Dort, seorang wanita berkebangsaan Belanda yang telah lama tinggal di Indonesia.

Wieteka lahir dan tinggal di Surabaya sampai usianya 14 tahun. Kemudian ia berlibur ke Belanda dan tidak bisa kembali ke Indonesia karena ada kebijakan tertentu saat itu. Di Belanda, Wieteka mengaku rindu dengan kuliner Indonesia, termasuk nasi goreng.

Karenanya ia menciptakan lagu tentang makanan Indonesia tersebut dengan judul 'Geef mij maar nasi goreng' yang artinya adalah 'Beri Saja Aku Nasi Goreng'. Dalam lagu ini, ia juga menceritakan kerinduannya dengan lontong, sate babi, kuliner pedas hingga camilan khas Indonesia.

Baca Juga : Ada Lagu Nasi Goreng dalam Bahasa Belanda dan Inggris

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Hidangan Lebaran: Nasi Opor Gosong Khas Kudus"
[Gambas:Video 20detik]