5 Makanan yang Dapat Melembutkan Kulit Secara Alami

Riska Fitria - detikFood Jumat, 24 Jul 2020 15:00 WIB
Makanan Untuk Melembabkan Kulit Secara Alami Foto: iStock
Jakarta -

Perawatan alami untuk melembutkan kulit bisa dilakukan dengan mengonsumsi makanan sehat. Pilihlah makanan yang mengandung antioksidan dan banyak vitamin.

Kulit kering memang sangat mengganggu penampilan. Selain itu, kulit kering juga jadi bukti bahwa kulit kita tidak sehat. Pada bagian wajah, akan cenderung terlihat kusam dan berkerut.

Banyak perawatan mahal yang dapat melembabkan dan melembutkan kulit. Namun, melembutkan kulit secara alami juga bisa dilakukan dengan mudah. Caranya dengan mengonsumsi makanan yang mengemas banyak antioksidan dan vitamin.

Kandungan tersebut yang nantinya akan menjaga kulit agar tetap lembab, sehingga kulit tampak lebih lembut, halus, bersih dan berkilau. Melembutkan kulit secara alami juga banyak dilakukan oleh para selebriti. Seperti Victoria Beckham dan Salma Hayek yang rutin mengonsumsi alpukat untuk perawatan kulitnya.

Berikut 5 makanan yang dapat melembabkan kulit secara alami.

1. Minyak Kelapa

Makanan Untuk Melembabkan Kulit Secara AlamiMakanan Untuk Melembabkan Kulit Secara Alami Foto: iStock

Minyak kelapa tidak hanya bisa membuat makanan menjadi lezat, tetapi juga bisa melembabkan kulit. Khasiat minyak kelapa ini dibenarkan oleh George Skandamis, seorang dokter kulit di Columbus.

George menyebut bahkan minyak kelapa dapat dikonsumsi langsung atau bisa juga dipakai sebagai pengganti mentega atau minyak sayur. Minyak kelapa mengemas antioksidan yang dapat berperan untuk memperbaiki kulit bagi mereka yang menderita dermatitis atopik.

Hal ini juga dibuktikan oleh sebuah penelitian yang diterbitkan di Dermatitis. Selain dikonsumsi, minyak kelapa juga bisa dipakai dengan cara diolesi ke kulit langsung. Antioksidan pada minyak kelapa ini juga bagus untuk kesehatan rambut dan kuku, seperti yang dilansir dari The Healthy (15/07).

Baca Juga : Kulit Mulus, Cerah dan Kencang dengan Rutin Konsumsi 10 Makanan Ini (2)

2. Mentimun

Makanan Untuk Melembabkan Kulit Secara AlamiMakanan Untuk Melembabkan Kulit Secara Alami Foto: iStock

Mentimun dikenal sebagai makanan yang dapat menghidrasi tubuh karena kadar airnya yang tinggi. Di samping itu, ada juga khasiat mentimun yang dapat melembabkan kulit. Itulah mengapa banyak orang yang menaruh irisan mentimun di bagian mata.

Itu dilakukan untuk mengatasi mata bengkak. Mentimun mengandung vitamin C dan juga antioksidan yang berungsi untuk membantu merawat kulit yang kering. Selain itu, pada kulit mentimun terdapat kandungan silika yang akan berperan untuk memelihara, mengencangkan kulit dan melembabkan kulit.

Untuk mendapat khasiat mentimun ini, kamu hanya perlu mengiris tipis mentimun, lalu taruh di bagian wajah. Mentimun yang tinggi akan kadar air ini bisa mendinginkan kulit yang terbakar sinar matahari.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Sensasi Ngopi dan Liwetan dengan Suasana Pegunungan Asri"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com