Sajian Maknyus Idul Adha

Bumbu Sate Sapi Maranggi yang Manis Gurihnya Meresap

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Jumat, 24 Jul 2020 16:00 WIB
Sate maranggi Foto: Getty Images/iStockphoto/Poetra Dimatra

4. Cara menyajikan sate sapi maranggi
Tak seperti jenis sate kebanyakan yang memakai saus kacang, sate sapi maranggi disajikan dengan sambal kecap. Tampilannya seperti 'salsa' dengan isian tomat merah segar, cabai rawit merah dan hijau, serta bawang merah.

Untuk membuat sambal ini, racik semua bahan yang sudah diiris atau dicincang kasar menjadi satu. Biarkan beberapa saat agar berair. Kemudian tambahkan kecap manis dan cuka, jika suka.

Sate sapi maranggi paling enak dinikmati dengan nasi putih hangat, namun ada juga yang menyukai paduan sate sapi maranggi dengan ketan bakar plus sambal oncom.

5. Sate maranggi 'go international'

Sate maranggiSate maranggi Foto: Getty Images/iStockphoto/Poetra Dimatra

Tak hanya dinikmati di Purwakarta saja, sate maranggi juga 'go international' saat penjual Sate Maranggi Cibungur ikut serta dalam ajang World Street Food Congress tahun 2016 di Manilla.

Sate Maranggi Cibungur ternyata diminati banyak orang di sana. Terbukti dari antrean yang mengular di stannya. Harganya saat itu sekitar Rp 80.000 per porsi.

Asep Supriatna yang merupakan Kabid Pariwisata Kabupaten Purwakarta saat itu menjelaskan sate maranggi bukan sekadar produk makanan, tapi bentuk warisan kuliner khas Sunda yang menggunakan kekayaan rempah Indonesia.

Baca Juga: Sate Maranggi Dibanjiri Pengunjung di Manila

Halaman
1 2 3 Tampilkan Semua


Simak Video "Bikin Laper: Nyobain Risol dan Sate Maranggi Daging khas Sate Bibali"
[Gambas:Video 20detik]

(adr/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com