Temukan Bangkai Kelelawar Saat Makan Sup, Keluarga di Wuhan Ini Panik

Sonia Basoni - detikFood Jumat, 24 Jul 2020 14:00 WIB
Bangkai Kelelawar dalam Sup Foto: Hubei Television
Jakarta -

Sebuah keluarga di Wuhan panik ketika menemukan bangkai kelelawar di dalam sup babi yang mereka makan. Mereka langsung mengambil tes virus Corona.

Kelelawar dianggap sebagai salah satu hewan yang menyebarkan virus Corona, terutama di Wuhan tempat pandemi Corona dimulai. Karenanya sekarang konsumsi dan perdagangan hewan liar dilarang di sana.

Baca Juga: 5 Fakta Sup Kelelawar yang Diduga Penyebar Virus Corona

Dilansir dari Dailymail (24/07), satu keluarga dengan marga Chen mendapatkan kejutan yang kurang menyenangkan di dalam makanan mereka. Saat itu keluarga Chen memutuskan membeli sup babi frozen di restoran di dekat rumah mereka.

Bangkai Kelelawar dalam SupBangkai Kelelawar dalam Sup Foto: Hubei Television

Keluarga yang tinggal di Wuhan, China ini awalnya tak sadar ada yang aneh dari sup babi itu. Sang ayah mengaku bahwa dia sudah memakan sebagian dari sup tersebut.

Tetapi tiga hari kemudian ketika mereka akan menyantap sisa sup babi tersebut, mereka terkejut menemukan bangkai kelelawar utuh di dalam sup tersebut.


"Saat itu saya akan memanaskan sup dan saya melihat benda hitam. Ternyata itu anak kelelawar yang masih kecil," jelas sang ibu.

Awalnya mereka menyangka bahwa bangkai kelelawar itu merupakan rempah dari sup. Tapi tampilannya berbulu dan memiliki taring. Akhirnya mereka langsung pergi ke restoran tempat sup itu dibeli.

Bangkai Kelelawar dalam SupBangkai Kelelawar dalam Sup Foto: Hubei Television

Pemilik restoran meminta maaf dan menawarkan uang ganti rugi. Pihak restoran menjelaskan bahwa sup itu mereka beli dari pemasok makanan lokal. Sementara pemasok restoran justru menyangkal bahwa kelelawar itu tak sengaja masuk saat proses masak.

"Kelelawar biasanya aktif di malam hari, tapi kami memasak sup di siang hari setelah itu langsung kami kemas dan kami masukan ke dalam kulkas. Tidak pernah kami taruh sup di luar," sangkal perwakilan dari pemasok makanan tersebut.

Pemasok makanan bahkan menuduh bahwa bisa saja kelelawar kecil itu masuk ke dalam sup, ketika dikeluarkan dari kulkas oleh keluarga tersebut.

Bangkai Kelelawar dalam SupBangkai Kelelawar dalam Sup Foto: Hubei Television

Karena penemuan ini keluarga Chen langsung mengikuti tes virus Corona, untungnya semua hasilnya negatif. Kasus ini masih dalam penanganan pihak berwajib yang mencari asal usul dari mana bangkai kelelawar ini.

Pemasok makanan bersedia untuk membayar keluarga Chen sebanyak 2,000 yuan (Rp 4,1 juta) sebagai kompensasi.

Sebelumnya sup kelelawar menjadi kontroversi karena virus Corona. Bahkan seorang presenter asal China dihujat habis-habisan setelah menyantap sup kelelawar saat memandu sebuah acara jalan-jalan.

Baca Juga: Dihujat Setelah Makan Sup Kelelawar, Presenter Asal China Ini Minta Maaf



Simak Video "Sop Kaki Kambingnya Dudung Roxy Gurih dan Nikmat"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)