5 Kesalahan Saat Menggoreng Ini Bikin Makanan Tak Renyah

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Kamis, 23 Jul 2020 14:30 WIB
5 Kesalahan Saat Menggoreng Ini Bikin Makanan Tak Renyah Foto: Getty Images/iStockphoto/Juanmonino

2. Temperatur minyak terlalu panas

5 Kesalahan Saat Menggoreng Ini Bikin Makanan Tak Renyah5 Kesalahan Saat Menggoreng Ini Bikin Makanan Tak Renyah Foto: Getty Images/iStockphoto/Juanmonino

Kesalahan saat menggoreng selanjutnya menyangkut temperatur atau suhu minyak yang terlalu panas. Hal ini membuat makanan Anda sudah matang, bahkan cenderung gosong di luar, namun masih mentah di dalam.

Diperlukan temperatur minyak yang tepat, sekitar 160-175 C untuk membuat makanan matang dengan sempurna. Cara paling bagus sebenarnya menggunakan termometer dapur. Adapun kasus makanan matang di luar dan mentah di dalam sering terjadi saat kita menggoreng makanan beku yang masih agak dingin karena baru dikeluarkan dari kulkas.

Hal ini membuat temperatur minyak yang tadinya sangat panas, turun drastis. Hasilnya bagian dalam makanan beku masih dingin. Karenanya penting memastikan makanan yang akan digoreng sudah dalam suhu ruang sebelum dimasukkan ke dalam minyak panas.

3. Minyak kurang panas

5 Kesalahan Saat Menggoreng Ini Bikin Makanan Tak Renyah5 Kesalahan Saat Menggoreng Ini Bikin Makanan Tak Renyah Foto: Getty Images/iStockphoto/Juanmonino

Minyak yang kurang panas juga membuat hasil gorengan tidak sempurna. Teksturnya jadi tidak renyah dan cenderung penuh minyak. Secara umum, prinsip menggoreng adalah semakin tinggi temperatur minyak, maka semakin sedikit minyak yang terserap sehingga membuat makanan bisa lebih renyah.

Hal ini kembali menunjukkan pentingnya peran termometer dapur untuk mengetahui temperatur minyak yang tepat. Lalu untuk mengurangi kemungkinan makanan tak renyah dan berminyak, segera pindahkan gorengan dari wajan ke piring beralas tisu dapur.

Kelebihan minyak akan terserap tisu dapur sehingga risiko makanan menjadi terlalu lembek akan berkurang. Jika tak ada tisu dapur, bisa ditaruh dulu di saringan untuk meniriskan minyak.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Bikin Laper: Oseng-oseng Sei Sapi Bertabur Sambal"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com