Ganjar Pranowo Sajikan Kepala Manyung dan Tahu Gimbal Buat Anang-Ashanty

Devi Setya - detikFood Kamis, 23 Jul 2020 13:31 WIB
ganjar jamu anang ashanti Foto: istimewa
Jakarta -

Kepala ikan manyung dan tahu gimbal memang paling enak disantap di Semarang. Dua kuliner ini jadi menu istimewa yang dihidangkan Ganjar Pranowo khusus untuk Anang dan Ashanty.

Pasangan penyanyi Anang dan Ashanty melakukan perjalanan ke Jawa Tengah bersama keluarga. Mereka sempat mampir ke rumah Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo di Semarang. Sambil bersilaturahmi, ternyata Ganjar sudah menyiapkan menu khusus yang jadi jamuan spesial. Lewat instagramnya, Ganjar mengatakan sudah menyiapkan menu kepala manyung dan tahu gimbal.

"Karena sepasang tamu saya ini sudah lama gak manggung, jadi begitu tiba di rumah tanpa basa basi langsung saya ajak makan. Bukan krn kelaparan lho, tapi menunya emang yahut. Asli, yahut. Kepala Manyung sama Tahu Gimbal," beber Ganjar.

ganjar jamu anang ashantiganjar jamu anang ashanti Foto: istimewa

Baca juga : Ini Makanan Sederhana yang Jadi Favorit Ganjar Pranowo

Video berdurasi hampir 2 menit ini diunggah lewat IGTV Ganjar Pranowo (22/7). Di sini Ganjar mengajak Anang dan Ashanty makan di meja makan di rumah dinasnya. "Mbak suka makanan pedes apa tidak?," tanya Ganjar pada Ashanty yang sudah lebih dulu sibuk makan.

Ashanty kemudian menjawab suka banget. Lebih lanjut pria murah senyum ini berpromosi soal makanan khas Jawa Tengah. "Itu ikan manyung yang paling top. Sebenarnya namanya ikan sembilang, dan itu masakan favorit saya," beber Ganjar.

ganjar jamu anang ashantiganjar jamu anang ashanti Foto: istimewa

Tak hanya menu mangut kepala ikan manyung, ada juga sajian khas Semarang yang dihadirkan di meja makan kediaman Ganjar yakni tahu gimbal. Tahu gimbal cukup populer di Semarang yang terbuat dari tahu goreng, lontong, tauge, irisan kol dan potongan gimbal. Yang jadi ciri khas adalah gimbal alias bakwan udang yang gurih renyah.

Tahu gimbal disajikan dengan guyuran sambal kacang dengan tambahan petis udang serta kecap manis. Makanan khas Semarang ini biasa dijajakan keliling dengan gerobak atau di warung-warung makan.

Berbeda dengan sang istri yang banyak ngobrol dengan Ganjar, Anang justru terlihat sangat sibuk menikmati makanannya. "Mas Anang ini juga diam-diam lapar," celetuk Ganjar.


Ashanty kemudian menceritakan pengalamannya yang suka kulineran di sekitar Semarang. "Pasti kulineran, yang enak itu makanan di pinggir jalan. Favoritku itu gudeg koyor Yu Tum," beber Ashanty.

ganjar jamu anang ashantiganjar jamu anang ashanti Foto: istimewa

Baca juga : Ngidam Makan Cilok, Ashanty Nyaris Ribut dengan Anang

Di akhir video, Ganjar, Anang dan Ashanty tak lupa mengabadikan momen lewat jepretan foto. Meskipun hanya mampir sebentar tapi tampaknya momen makan ini cukup berkesan.

"Makasih ya Mas @ananghijau mbak @ashanty_ash . Salam buat @aurelie.hermansyah dan @attahalilintar ya. Kalau ke Jateng jangan lupa ngabari, referensi kulinerku lumayan lah untuk menggoyang lidah," pungkas Ganjar yang tampaknya siap mengajak pasangan ini kulineran di Jateng.



Simak Video "Mencicip Teh Telur Favorit Ganjar Pranowo"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)