Cara Membuat Korean Garlic Cheese Bread yang Enak Tanpa Oven

Lusiana Mustinda - detikFood Selasa, 21 Jul 2020 11:00 WIB
Review Battle 3 Korean Garlic Cheese Bread; Super Furry, Sweet Troops, Odelice Indonesia Korean Garlic Cheese Bread. Foto: dok. detikFood / Yenny Mustika Sari
Jakarta -

Cara membuat Korean garlic cheese bread sebenarnya tak terlampau rumit. Kamu bisa coba membuatnya di rumah. Beberapa kuliner asal Korea akhir-akhir ini memang sempat viral, seperti dalgona coffee serta Korean garlic cheese bread.


Berbeda dengan garlic bread Eropa yang hanya dimasak dengan olesan butter dan bawang putih. Korean garlic cheese bread dibuat dengan campuran krim keju yang menambah cita rasanya semakin nikmat dan creamy.

Korean garlic cheese bread adalah roti yang awalnya dijual di Kota Gangneung, Gangwon, Korea Selatan. Roti ini dijajakan secara kaki lima. Dari kota Gangneung Korean garlic cheese bread menyebar ke Seoul dan jadi salah satu roti yang paling diminati di kafe.

Kunci utama kesuksesan Korean garlic cheese bread yang enak ialah rotinya. Harus bertekstur garing dan renyah. Supaya teksturnya garing, setelah dipanggang rotinya bisa langsung dibekukan dalam freezer. Setelah beku diisi dengan cream cheese dan saus bawang putih di dalamnya kemudian dipanggang lagi selama 10-15 menit.

Review Battle 3 Korean Garlic Cheese Bread; Super Furry, Sweet Troops, Odelice IndonesiaReview Battle 3 Korean Garlic Cheese Bread; Super Furry, Sweet Troops, Odelice Indonesia Foto: dok. detikFood / Yenny Mustika Sari

Berikut cara membuat Korean garlic cheese bread tanpa oven:

Bahan roti:

100 ml susu cair
30 gr gula pasir
4 gr ragi instan
240 gr tepung terigu protein tinggi
1 btr telur
Sejumput garam
20 gr unsalted butter

Bahan cream cheese:

250 gr cream cheese
30 gr gula pasir
50 ml whipped cream cair

Bahan saus garlic:

100 gr unsalted butter
1 btr telur
2 sdm susu kental manis
5 siung bawang putih cincang
1 sdm parsley cincang

Cara membuat Korean garlic cheese bread:

1. Campurkan susu cair, gula dan ragi. Masukkan tepung, telur dan garam. Uleni hingga rata setelah itu masukkan unsalted butter dan uleni lagi 15 menit lalu bulatkan adonan. Taruh adonan dalam wadah dan tutup dengan plastic wrap diamkan selama 1 jam.

2. Untuk isian, campurkan cream cheese, gula dan whipped cream, aduk rata. Masukkan ke dalam piping bag.

3. Setelah 1 jam, kempiskan adonan dan uleni sebentar kemudian bulatkan adonan dan bagi menjadi 4 bagian. Bulatkan tiap adonan dan taruh roti di atas loyang yang sudah diolesi butter, diamkan kembali 30 menit.

4. Alasi dasar panci atau teflon dengan loyang atau alas kukusan yang sudah diolesi margarin atau butter dengan sedikit tepung. Panggang sekitar 15-20 menit.

5. Untuk saus garlic, cairkan butter hingga meleleh kemudian masukkan telur, susu kental manis, parsley dan bawang putih cincang kemudian aduk rata, sisihkan.

6. Setelah roti matang, dinginkan dulu dan belah roti menjadi 6 bagian, isi sela-sela roti dengan cream cheese lalu celupkan roti ke dalam adonan saus garlic dan panggang lagi sekitar 10 menit.

Harga Korean garlic cheese bread ini biasanya dibandrol dengan harga Rp 20 ribu sampai 25 ribu per buahnya. Nah, jika mau membuat Korean garlic cheese bread kamu bisa membuatnya dengan resep di atas ya. Jika ada oven, bisa memanggangnya dengan suhu 160 derajat celcius sekitar 10-15 menit.





Simak Video "Tips Bikin Korean Garlic Cheese Bread yang Kekinian"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/pal)