Pelihara Ayam Saat Pandemi Corona, Keluarga Ini Tak Perlu Beli Telur Lagi

Devi Setya - detikFood Senin, 20 Jul 2020 13:30 WIB
A flock of chickens in search of food late in the day Foto: Getty Images/iStockphoto/NikonShutterman
Jakarta -

Seorang wanita memilih pelihara ayam saat pandemi corona. Ia dan keluarganya tak perlu lagi membeli telur karena ayam-ayamnya bertelur secara rutin.

Wanita bernama Renee Shannon memilih memelihara lima ekor ayam di rumahnya di kawasan Worthington, Ohio, Amerika Serikat. Dilansir dari The Star (20/7) Shannon memelihara ayam karena ia merasa bosan di rumah ketika pandemi corona melanda.

Shannon memutuskan memelihara ayam sejak dua bulan lalu. Ia mendapat ayam-ayam kecil dari seorang kerabat yang lebih dulu memiliki ayam. Selama berjalan 2 bulan, ayam-ayam mungil ini tumbuh menjadi dewasa dan mulai produktif menghasilkan telur.

"Ayam-ayam ini membuat saya tertawa. Mereka sangat lucu dan imut," ujar wanita berusia 62 tahun ini.

A flock of chickens in search of food late in the dayA flock of chickens in search of food late in the day Foto: Getty Images/iStockphoto/NikonShutterman

Baca juga : Keren! Peternak Ini Pilih Pelihara Ribuan Ayam di Hutan

Shannon memutuskan merawat ayam untuk menghilangkan rasa bosan karena dilarang beraktivitas di luar rumah. Ia juga membayangkan betapa serunya memiliki pasokan telur ayam sendiri di rumahnya.

"Bukankah menyenangkan punya ayam yang bisa menghasilkan telur? Kita bisa membaginya dengan tetangga, teman dan keluarga," ujar Shannon.

Kurang lebih Shannon harus merawat ayam-ayam ini selama 20 minggu untuk bisa menghasilkan telur. Dengan senyum mengembang, Shannon mengatakan ia sungguh tak sabar menanti ayam-ayamnya bertelur. "Saya merasa senang mengetahui kalau dua bulan lagi saya akan memiliki sumber penghasil telur setiap hari," ujarnya.

Bukan hanya Shannon, banyak juga warga Amerika Serikat yang memutuskan untuk memelihara ayam di rumahnya. Beno, seorang peternak ayam sekaligus penjual pakan ayam mengatakan penjualan pakan ayam meningkat sejak pandemi corona. Ia juga menemui banyak orang yang bertanya soal bagaimana cara merawat dan memelihara ayam.

Menurut Columbus Public Health, masyarakat dapat memiliki dan memelihara maksimal delapan ayam petelur dengan izin. Ya, tidak semua orang bisa memelihara ayam karena ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi. Salah satunya adalah area halaman rumah yang luas dan kandang ayam yang selalu harus dijamin kebersihannya.

A flock of chickens in search of food late in the dayA flock of chickens in search of food late in the day Foto: Getty Images/iStockphoto/NikonShutterman

Baca juga : Tak Kebagian Telur, Tom Holland Pilih Pelihara 3 Ekor Ayam

Memelihara ayam memang terlihat mudah, namun pemilik ayam harus menjaga ayam dengan baik jika tak mau ayamnya jadi santapan predator. Ayam seolah jadi makanan lezat bagi beberapa hewan seperti rubah, elang, anjing dan hewan liar lain yang menyantap daging.

Beno mengatakan, selain bisa menjadi pemasok telur di rumah, ayam juga bisa jadi hiburan penghilang stres. "Anda cukup menyiapkan kursi kecil lalu melihat aksi ayam ini berlarian di halaman, ini seperti hiburan, kamu tidak perlu pergi ke bioskop, lihat saja aksi lucu dari ayam," pungkas Beno.

Tren memelihara ayam ini bukan hanya dilakukan masyarakat biasa. Ada juga beberapa artis yang juga memilih merawat dan memelihara ayam, misalnya Tom Holland yang memelihara 3 ekor ayam karena alasan tak mendapatkan stok telur di supermarket.



Simak Video "Bikin Laper: Jajal Bakmi Ayam Porsi XXL"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)