Cara Membuat Telur Orak-arik Gaya Prancis

Odilia WS - detikFood Selasa, 21 Jul 2020 07:00 WIB
Telur Orak-arik Gaya Prancis Foto: YouTube@BrunoAlbouze
Jakarta -

Telur orak-arik atau scrambled eggs jadi menu sarapan favorit. Banyak cara membuat sajian telur ini, termasuk terlur orak-arik gaya Prancis.

Meskipun sederhana memasaknya, tiap orang punya cara membuat telur orak-arik atau scrambled eggs. Ada yang suka bergumpal dan agak kering kenyal teksturnya. Ada juga yang lebih suka telur orak-arik yang lembut, basah dan creamy, lumer di mulut.

Cara orang Amerika, Inggris dan Prancis membuat telur orak-arik agak berbeda. Meskipun bahan-bahannya hampir sama. Seperti Bruno Albouze, seorang Yiutuber dan private chef ini menanyangkan trik membuat telur orak-arik khas Prancis.

'Jika telur dimasak dengan benar, teksturnya berubah dan sangat terasa di mulut. Jika telur terlalu matang kamu tak bisa merasakannya. Lebih baik makan telur dadar yang diris-iris saja,' komentar sang chef di kanal Youtube nya.

Menurut chef Bruno Albouze, cara orang Prancis membuat telur orak-arik atau scrambled eggs merupakan cara yang paling benar. Tentu saja ini didasari bahwa Prancis dikenal sebagai kiblat kuliner dunia sejak dulu.

'Memasak telur merupakan hal yang besar karena telur paling rumit dimasak. Telur terdiri dari air, putih telur yang berair, dan kuning telur yang berlemak. Karenanya mudah sekali kematangan,' ungkap chef yang mulai masak di usia 14 tahun ini.

Menurutnya, tak semua orang tahu cara memasak telur orak-arik atau scrambled eggs yang benar. Sangat sedikit sekali restoran yang tahu memasaknya tanpa kematangan. Kalau penasaran dengan trik Chef Bruno Albouze, ikuti saja resepnya berikut ini.

Telur Orak-arik Gaya Prancis

Bahan:
6 butir telur ayam
1 sdt minyak sayur
11/2 sdm mentega
2 sdm susu cair
seledri/kucai/peterseli cincang
1/2 sdt merica bubuk
1 sdt garam

Cara membuat:

• Pecahkan telur ke dalam wadah tetapi jangan dikocok.
• Panaskan wajan di atas api kecil, masukkan minyak dan mentega ke dalam wajan dan biarkan hingga meleleh dan hangat.

Telur Orak-arik Gaya PrancisTelur Orak-arik Gaya Prancis Foto: YouTube@BrunoAlbouze


• Dengan spatula atau kocokan kawat pecahkan kuning telur dalam wadah dan masukkan telur ke dalam wajan.
• Aduk-aduk hingga seluruh telur tercampur rata dan jadi lembut. Jika telur sudah mulai menggumpal, angkat dari api.

Telur Orak-arik Gaya PrancisTelur Orak-arik Gaya Prancis Foto: YouTube@BrunoAlbouze


• Agar proses pemasakan berhenti, tuangkan susu, beri merica dan garam. Aduk-aduk hingga telur menjadi creamy atau lembut teksturnya.
• Sajikan telur orak-arik dengan taburan kucai/seledri atau peterselu cincang. Bisa disajikan dengan roti panggang atau daging asap.

Untuk 3 porsi

Telur Orak-arik Gaya PrancisTelur Orak-arik Gaya Prancis Foto: YouTube@BrunoAlbouze

Tips:

• Saat memasak telur orak-arik gunakan telur segar untuk mendapatkan rasa dan aroma maksimal.
• Gunakan selalu api kecil. Jika terlalu panas, telur akan mudah gosong atau berkerak atau teksturnya bergumpal kasar dan teksturnya liat seperti karet.



Simak Video "Bikin Laper: Santap Ikan Kerapu Raja dan Udang Vaname"
[Gambas:Video 20detik]
(odi/odi)