Nasi Goreng Mantul

5 Nasi Goreng Unik Ini Pakai Tambahan Usus Hingga Bistik Ayam

Yenny Mustika Sari - detikFood Minggu, 19 Jul 2020 15:00 WIB
5 Nasi Goreng Unik Jakarta Foto: Instagram @bubueataway
FOKUS BERITA Nasi Goreng Mantul
Jakarta -

Tak hanya varian biasa menggunakan suwiran ayam atau bakso, ada juga nasi goreng unik yang enak dinikmati. Pakai usus hingga bistik!

Siapa yang tak suka nasi goreng? Olahan nasi yang digoreng dengan sejumlah bumbu rempah dan tambahan kecap manis. Biasanya diberikan campuran telur, suwiran ayam, bakso, sosis, hingga ati ampela.

Nasi goreng biasanya disajikan untuk sarapan atau makan malam. Untuk sarapan biasanya pakai resep rumahan yang lebih praktis. Namun kalau untuk makan malam, banyak penjual nasi goreng yang berkreasi dengan beragam bumbu juga topping.

Tak hanya ayam atau bakso saja, nasi goreng juga punya sensasi unik. Ada yang memakai campuran usus ayam, tongseng jadi nasi gorengnya agak berkuah, hingga topping bistik yang tak kalah lezat.

Semua varian itu bisa kamu temui di Jakarta. detikFood telah merangkum 5 nasi goreng unik tersebut. Yuk, simak!

Baca Juga: Nasi Goreng, Dari Kuliner China Jadi Makanan Ikonik Indonesia

1. Nasi Goreng Tongseng

5 Nasi Goreng Unik Jakarta5 Nasi Goreng Unik Jakarta Foto: Instagram @fernandosetiawanh

Olahan tongseng dicampurkan nasi goreng? Apa enak? Jangan salah foodies, varian unik ini disukai banyak orang lho! Namanya 'Nasi Goreng Mang Ndut' yang dijual di Jalan Danau Agung 2, Sunter Agung, Tanjung Priuk, Jakarta Utara.

Kalau kamu mau ke sini, Nasi Goreng Mang Ndut buka mulai pukul 17.00 WIB. Tempat berjualannya di pinggiran jalan dan hanya menggunakan gerobak khas nasi goreng tek tek. Tapi, jangan remehkan gerobaknya karena rasanya sangat sedap.

Di sini kamu bisa memesan nasi goreng kering (tanpa tongseng). Tapi yang paling hits adalah nasi goreng tongseng dengan banyak kuah atau nyemek (kuah sedikit). Selain nasi goreng, ada juga kwetiau, tongseng daging, mie goreng, dan bihun.

2. Nasi Goreng Usus Ayam

5 Nasi Goreng Unik Jakarta5 Nasi Goreng Unik Jakarta Foto: dok. Bikin Laper Trans TV

Biasanya usus ayam disajikan untuk bubur ayam atau pelengkap soto. Tapi kini usus ayam dijadikan pelengkap untuk nasi goreng. Tentunya rasanya tak kalah enak dengan varian nasi goreng lainnya.

Lewat tayangan Bikin Laper Trans TV (28/8), diketahui penjual nasi goreng usus ayam ini di kawasan Pejompongan, Jakarta Barat. Tak punya gerai khusus, nasi goreng usus ayam ini dijual menggunakan gerobak di pinggiran jalan.

Seperti nasi goreng tek tek pada umumnya, hanya saja dicampurkan usus ayam yang berlimpah. Usus ayam bisa dijadikan topping atau dicampurkan di dalam nasi goreng. Kalau bosan nasi goreng, ada juga lho varian nasi gila berupa nasi putih yang disiram dengan lauk usus campur sayuran di atasnya.

3. Nasi Goreng Kebuli

5 Nasi Goreng Unik Jakarta5 Nasi Goreng Unik Jakarta Foto: Instagram @bubueataway

Kalau suka nasi kebuli khas Timur Tengah, pasti suka dengan varian unik nasi goreng ini. Nasi Goreng Kebuli Apjay hadir dengan cita rasa Timur Tengah yang medok. Tidak pakai beras basmati, tapi bumbunya khas kebuli dengan rempah Timur Tengah.

Kamu bisa mengunjunginya di kawasan Panglima Polim, Jakarta Selatan tepatnya di depan Apotik Jaya. Makanya nama nasi goreng ini adalah 'Apjay'. Nasi goreng kebuli Apjay ini juga bisa kamu kunjungi di kawasan Cipete, Jakarta Selatan.

Untuk variannya, ada yang menggunakan daging ayam dan kambing. Jadi, tergantung selera kamu lebih suka yang mana. Selain itu, ada juga mie Jawa di sini. Karena dulunya Nasi Goreng Kebuli Apjay adalah penjual Bakmi khas Yogyakarta.

Baca Juga: Nasi Goreng Kebuli Enak Ada di Kaki Lima hingga Kafe

4. Nasi Goreng Bistik

5 Nasi Goreng Unik Jakarta5 Nasi Goreng Unik Jakarta Foto: Instagram @nasigorengbistingkangadjie

Nasi goreng satu ini awalnya ada di Bandung, yang paling terkenal namanya Nasi Goreng Bistik AA. Namun kini varian unik nasi goreng bistik juga bisa dinikmati di Jakarta. Namanya Nasi Goreng Bistik Kang Adjie.

Lokasinya ada di Pasar Baru dan Kelapa Gading. Lapak berjualannya hanya berupa gerobak dengan warung tenda, namun selalu ramai dikunjungi pembeli. Dari namanya saja semua pasti tahu kalau menu spesialnya adalah Nasi Goreng Bistik.

Nasi goreng di sini gurih dan terasa bawang putihnya. Lalu diberikan potongang bistik ayam, sayuran buncis dna wortel, keripik kentang. Setelahnya disiram saus bistik yang asam manis dan gurih.

5. Nasi Goreng Warna Warni

5 Nasi Goreng Unik Jakarta5 Nasi Goreng Unik Jakarta Foto: Instagram @tholekitchen

Biasanya nasi goreng disajikan berwarna cokelat karena menggunakan kecap manis atau putih pucat karena bergaya oriental. Tapi nasi goreng satu ini sangat berwarna, ada warna hijau, merah, dan juga hitam.

Namanya Nasi Goreng Thole yang populer sekali di kawasan Blok M, Jakarta Selatan. Lapak nasi goreng di sini buka pada malam hari dan selalu ramai pembeli. Warna nasi goreng di sini berasal dari bahan alami.

Warna hijaunya terbuat dari sawi hijau, lalu merahnya dari buah bit merah, dan warna hitamnya berasal dari tinta cumi. Kamu bisa menikmati nasi goreng 1 warna atau dicampur yang disebut sebagai nasi goreng pelangi. Nasi goreng ini diberikan topping ikan teri Medan yang renyah.



Simak Video "Nasi Goreng Tiwul, Menu Khas Waduk Bendo Ponorogo"
[Gambas:Video 20detik]
(yms/adr)
FOKUS BERITA Nasi Goreng Mantul

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com