Nasi Goreng Mantul

Peneliti Sebut Gerakan Melempar saat Masak Nasi Goreng Bikin Rasanya Makin Enak

Riska Fitria - detikFood Minggu, 19 Jul 2020 18:00 WIB
Masak nasi goreng Foto: Getty Images/iStockphoto/Supersmario
FOKUS BERITA Nasi Goreng Mantul
Jakarta -

Pernahkah kamu memperhatikan gerakan koki melempar nasi goreng saat memasaknya? Gerakan melempar ini ternyata bikin rasa goreng makin enak. Ini penjelasannya!

Nasi goreng merupakan makanan favorit banyak orang Asia termasuk Indonesia. Saking favoritnya bahkan menu nasi goreng banyak ditawarkan oleh pelaku bisnis kuliner, mulai dari gerobakan atau warung tenda hingga restoran berbintang.

Jika kamu perhatikan, ada ciri khas yang selalu dilakukan koki saat memasak naik goreng. Ciri khas itu ada pada gerakan memasaknya yang dilakukan dengan cara dilempar. Mulai dari melemparkan bumbu ke dalam nasi hingga melempar nasi di atas wajan saat menggorengnya.

Baca Juga : Buka Sejak Tahun 1985, Nasi Goreng Gerobak Ini Punya Banyak Penggemar

Masak nasi gorengMasak nasi goreng Foto: Getty Images/iStockphoto/Supersmario

Bukan hanya sekadar gerakan memasak, ternyata cara tersebut memiliki keterkaitan dengan ilmu fisika yang akhirnya bisa mempengaruhi rasa nasi goreng, lapor Science News (11/02). Hal tersebut diungkap sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of the Royal Society Interface.

Dalam penelitian tersebut, para peneliti mengamati video yang memperlihatkan lima koki di China sedang memasak nasi goreng. Ada tiga hal yang diamati, yaitu nasi yang dilempar, ketinggian nasi dan perpindahan sudut nasi.

Berdasarkan pengamatan, para peneliti menemukan bahwa koki melakukan gerakan yang selalu diulang selama tiga kali per detik. Peneliti menyebut gerakan tersebut adalah gerakan kinematika yang terdiri dari menggeserkan wajan dari depan ke belakang sambil mengayun-ayunkan dan menggunakan tepi kompor sebagai titik tumpu wajan.

Masak nasi gorengMasak nasi goreng Foto: Getty Images/iStockphoto/Supersmario

Gerakan tersebut disebut dapat mempengaruhi rasa nasi goreng menjadi lebih lezat. Itu karena dengan gerakan ini bumbu yang ada pada racikan nasi goreng dapat bercampur lebih merata.

Tak hanya itu, gerakan melempar nasi dari wajan dan ditangkap kembali dan menggoyang-goyangkan wajan akan membuat nasi goreng matang dengan suhu yang tinggi tanpa membuatnya gosong. Gerakan ini juga dapat mempengaruhi tingkat kematangan nasi goreng secara merata.

Masak nasi gorengMasak nasi goreng Foto: Getty Images/iStockphoto/Supersmario

Namun, perlu kamu ketahui bahwa gerakan melempar saat memasak nasi goreng ini cukup sulit untuk dilakukan. Maka tak heran ada koki yang sampai mengalami cedera otot pada bagian pergelangan tangannya.

Lebih lanjut, para peneliti dalam penelitian ini berharap adanya inovasi dengan memanfaatkan robot untuk membantu koki saat memasak nasi goreng menggunakan gerakan tersebut.

Baca Juga : Nasi Goreng Tiarbah Viral hingga Antreannya 3 Minggu, Apa Istimewanya?



Simak Video "Masak Masak: Tips Bikin Cireng Kuah Rumahan"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/adr)
FOKUS BERITA Nasi Goreng Mantul