Nasi Goreng Mantul

Nasi Goreng Tiarbah Viral hingga Antreannya 3 Minggu, Apa Istimewanya?

Yenny Mustika Sari - detikFood Jumat, 17 Jul 2020 16:30 WIB
Fakta Nasi Goreng Tiarbah Foto: dok. detikFood / Yenny Mustika Sari
FOKUS BERITA Nasi Goreng Mantul
Jakarta -

Nasi goreng Tiarbah viral di Twitter hingga membuat banyak orang penasaran mencicipinya. Sebenarnya apa sih keistimewaan nasi goreng racikan chef Tiarbah ini?

Nasi goreng merupakan makanan Asia populer yang punya banyak penggemar. Jenis nasi goreng beragam dengan racikan berbeda di tiap negara. Seperti Indonesia yang menggunakan kecap manis bumbu utamanya. Sementara nasi goreng oriental tampilannya lebih pucat dengan rasa gurih enak.

Di Indonesia, baru-baru ini viral nasi goreng buatan seorang chef asal Belitung yang juga dikenal lewat akun Twitter @masakdarurat. Banyak yang penasaran dengan rasa nasi goreng itu karena campurannya disebut-sebut istimewa. Berupa dendeng lemak dengan rasa gurih dan aroma yang khas.

Saking viralnya, Nasi Goreng Tiarbah punya 25 mitra yang tersebar di seluruh Indonesia hanya dalam kurun waktu 1 bulan saja. Untuk proses pemesanannya juga membutuhkan waktu sekitar 2-3 minggu karena selalu penuh batch-nya.

detikFood merangkum 5 fakta nasi goreng Tiarbah yang viral.

1. Cerita Awal Soal Nasi Goreng Tiarbah

Chef Tiarbah Cerita Soal Nasi Goreng Dendeng LemakFakta Nasi Goreng Tiarbah Foto: Instagram @tiarbah

Nasi goreng yang viral ini merupakan buatan chef Bahtiar Sigar yang akrab disapa Tiarbah. Ia tinggal di Bangka Belitung dan merupakan seorang chef di sebuah hotel. Di Twitter, chef Tiarbah populer lewat tutorial memasak praktisnya di @masakdarurat.

Ketika dihubungi detikFood (26/6), chef Tiarbah menceritakan bagaimana awalnya ia menjual nasi goreng tersebut. Awalnya ia membuat dendeng lemak untuk stok saat pandemi COVID-19. Lalu, chef Tiarbah iseng mencampurkan dendeng lemak itu ke dalam nasi gorengnya.

Ternyata nasi goreng dendeng lemak rasanya enak dan unik, lalu diunggah fotonya oleh sang istri ke media sosial. Mulai dari situ, banyak yang penasaran akan rasanya dan menjualnya untuk kalangan terbatas saja. Tapi, karena banyak netizen di Twitter yang penasaran sampai akhirnya chef Tiarbah membuka kemitraan agar nasi gorengnya bisa dinikmati daerah lain.

"Difoto sama istri, dikirim ke medsosnya dia lalu kata orang-orang sini dan teman-teman terdekat kita penasaran gitu pengen nyoba. Karena makin hari banyak yang nagih dan tanya kapan dijual ya udah akhirnya dijual untuk kalangan terbatas," ungkap chef Tiarbah.

Baca Juga: Chef Tiarbah Cerita Nasi Goreng Dendeng Lemak yang Viral di Twitter

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Nyobain Kue Pukis KFC, Rasanya Premium Banget!"
[Gambas:Video 20detik]

FOKUS BERITA Nasi Goreng Mantul
FOKUS BERITA Nasi Goreng Mantul