Nasi Goreng Mantul

5 Nasi Goreng Enak di Surabaya, Dicampur Mie Goreng hingga Tinta Cumi

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Sabtu, 18 Jul 2020 19:00 WIB
Nasi goreng enak di Surabaya Foto: Instagram sallysetia
FOKUS BERITA Nasi Goreng Mantul
Jakarta -

Nasi goreng enak di Surabaya juga beragam variannya. Ada yang dicampur mie goreng hingga tinta cumi. Uenake rek!

Nasi goreng sebenarnya hidangan sederhana berupa nasi yang digoreng bersama aneka bumbu. Ada bawang putih, bawang merah, terasi, dan kecap manis yang jadi kuncinya. Meski begitu, di beberapa daerah muncul variasi nasi goreng yang dibedakan dari bumbunya.

Misalnya nasi goreng krengsengan khas Surabaya. Nasi goreng ini diberi tambahan mie goreng dan telur mata sapi. Konsepnya serupa dengan nasi goreng mawut yang juga populer di Magelang, Jawa Tengah, namun cara masaknya berbeda.

Surabaya juga punya nasi goreng unik berwarna hitam. Nasi goreng ini dibuat dari tinta cumi sebagai bahan utamanya. Bisa ditemui di penjual gerobakan, sangat disarankan untuk kamu cicip nasi goreng ini saat di Surabaya.

Berikut 5 nasi goreng enak di Surabaya yang sayang dilewatkan:

1. Nasi Goreng Pak Kumis

Nasi goreng enak di SurabayaNasi goreng enak di Surabaya Foto: GARVIN GOEI

Nasi goreng enak di Surabaya pertama ada di Nasi Goreng Pak Kumis. Lokasinya di Jalan Taman Apsari 25A dan Jalan Arief Rahman Hakim 49. Warung nasi goreng ini buka tiap hari mulai pukul 5 sore. Menu andalannya nasi goreng krengsengan.

Nasi gorengnya berwarna kemerahan karena ditumis dengan saus tomat. Lalu dipadukan mie goreng yang dimasak terpisah dan pelengkap telur. Bisa minta telur mata sapi atau telur dadar. Harga per porsinya sekitar Rp 10.000 saja.

Karena harga terjangkau inilah banyak orang menyukai racikan Nasi Goreng Pak Kumis. Porsinya memang tidak terlalu besar, namun tak terlampau kecil juga. Nasi Goreng Pak Kumis punya nama lain Joko Dolog karena lokasinya di samping arca Joko Dolog.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Makan Enak dan Edukasi Manasik Haji di Kafe Al Baik"
[Gambas:Video 20detik]
FOKUS BERITA Nasi Goreng Mantul
FOKUS BERITA Nasi Goreng Mantul

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com