Mengenal Sourdough, si Roti Asam Lembut yang Lagi Ngetren

Sonia Basoni - detikFood Kamis, 16 Jul 2020 18:00 WIB
Sourdough Foto: iStock
Jakarta -

Sejak pandemi Corona banyak orang tertarik dengan sourdough. Roti dengan ciri khas rasa asam dan tekstur kenyal lembut ini ternyata punya sejarah menarik.

Meski belum sepopuler jenis roti lainnya, tapi sourdough yang sudah ada sejak ratusan tahun lalu ini mulai banyak diminati di Indonesia. Roti asal Mesir yang satu ini popularitasnya meningkat tajam saat pandemi Corona. Orang-orang di Amerika dan Inggris kehabisan ragi roti. Karenanya mereka mulai belajar membuat sourdough dari ragi alami untuk mengisi waktu luang.

Banyak fakta menarik seputar sourdough, mulai dari bahan-bahan sederhana yang digunakan. Lalu ada ragi alami yang elemen penting dalam pembuatan roti ini, sampai kreasi unik yang menggabungkan sourdough dengan makanan lainnya.

Dihubungi detikFood (16/07), Dokter Debryna Dewi Lumanauw yang merupakan salah satu ahli sourdough di Indonesia, menjelaskan seluk beluk sourdough yang menarik.

1. Sejarah Awal

roti sourdough dengan campuran cairan vaginaFoto: iStock

"Sourdough itu artinya ragi alami (wild yeast). Secara singkat sourdough merupakan adonan roti yang sudah difermentasi dan sudah ada sejak ratusan tahun lalu," ungkap Dokter Debryna yang mulai belajar tentang sourdough dari tahun 2015.

Awalnya sourdough ini sebenarnya tercipta secara tidak sengaja. Saat itu ada seorang warga Mesir yang tak sengaja meninggalkan adonan rotinya. Kemudian adonan roti campuran tepung gandum dan air itu mengembang dengan sendirinya.

Karena penasaran pria itu tetap memanggang adonan roti yang sudah didiamkannya selama beberapa hari. Ketika sudah jadi rasa roti itu ternyata cukup unik. Dengan jejak rasa asam yang cukup kuat, berpadu dengan tekstur roti yang lembut di bagian dalamnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2