Wah! Toko Roti Ini Rayakan Ulang Tahun Ke-65 Ragi Rotinya

Devi Setya - detikFood Selasa, 23 Jun 2020 09:00 WIB
ulang tahun ragi Foto: istimewa
Jakarta -

Sebuah toko roti punya cara unik untuk menarik perhatian. Mereka menggelar perayaan di toko rotinya untuk ulang tahun ragi roti yang ke-65.

Dikabarkan Fox News (22/6) sebuah toko roti di Inggris membuat pesta antimainstream. Pemilik toko roti sengaja membuat perayaan ulang tahun untuk ragi roti yang sudah digunakan selama 65 tahun.

Pesta ulang tahun untuk ragi ini jadi pesta unik yang pertama digelar di dunia. Ragi yang jadi salah satu bahan utama dalam pembuatan roti ini sudah menjadi campuran adonan selama puluhan tahun.

Ragi sourdough ini pertama kali dibawa ke Inggris pada tahun 1955. Sebelumnya, ragi ini sudah digunakan selama bertahun-tahun di toko roti di Bristol. Ragi alami ini melalui proses fermentasi yang panjang dan hingga saat ini masih jadi campuran untuk pembuatan roti.

ulang tahun ragiulang tahun ragi Foto: istimewa


Baca juga : Bakery Ini Jual Ragi Roti Sourdough Berumur 23 Tahun!


Ragi sourdough terbuat dari campuran tepung dan air yang dibiarkan hingga terfermentasi. Ragi ini hanya diambil dalam jumlah kecil, jadi tak heran kalau bisa digunakan selama puluhan tahun. Sementara sisa ragi selalu diberi tambahan bahan atau 'makanan' agar tetap hidup dan bisa digunakan.

Sebagai bahan baku pembuatan roti, ragi ini dijadikan campuran pada tepung, air hangat dan garam untuk selanjutnya dijadikan adonan roti. Sementara untuk raginya, akan terus diperlihara supaya bisa digunakan pada adonan roti selanjutnya.

Hobbs House Bakery di Bristol sengaja merayakan pesta ulang tahun untuk ragi yang sudah digunakan sejak tahun 1955. Para staf toko roti bahkan menganggap ragi ini sebagai bagian dari karyawan.

Ragi ini bahkan memiliki julukan unik yakni 'karyawan yang paling bekerja keras' di toko roti. Tentu saja julukan ini hanya gurauan semata karena cara kerja ragi berbeda dengan karyawan.

Ragi tua ini diberikan oleh pembuat roti yang pernah berkunjung ke Jerman. Pembuat roti ini kemudian datang dan menetap di Inggris setelah perang dunia ke II. Kemudian ragi diberikan pada pemilik Hobbs House Bakery.

ulang tahun ragiulang tahun ragi Foto: istimewa


Pihak toko roti Hobbs House Bakery menduga kalau ragi ini punya usia yang sebenarnya lebih dari 65 tahun. Hal ini berdasarkan asumsi kalau ragi ini juga digunakan saat di Jerman.

"Kami senang menyebut starter sourdough kami sebagai karyawan yang bekerja paling keras di toko roti, anggota staf penting seperti itu pantas mendapat perayaan yang pas untuk ulang tahunnya setiap bulan Juni," kata Alice Drake, dari Hobbs House Bakery.

"Kami senang berbagi resep keluarga, peralatan, dan bahan-bahan; tukang roti ke tukang roti, terutama pemula penghuni pertama kami yakni ragi."

Tak ada perayaan meriah, karyawan toko roti hanya menempatkan ragi dalam wadah kaca besar yang dihias dengan pita. Selanjutnya para karyawan menggunakan topi ulang tahun serta menyematkan kartu ucapan di dekat ragi ini.

Baca juga : Hiii!! Wanita Ini Bikin Roti Sourdough Pakai Ragi Cairan Vaginanya


Soal ragi berusia puluhan tahun, sebenarnya ragi ini adalah starter atau biang untuk membuat roti sourdough. Ragi alami ini berisi bakteri yang hidup dan berkembang. Saat dicampur dalam adonan roti, ragi akan bekerja membuat roti lembut dan empuk.

Ragi alami ini memang aman disimpan dalam jangka waktu yang panjang. Asalkan tetap diberi 'makanan' menjaga agar roti tetap hidup. Dalam dunia bakery, para pembuat roti sourdough memiliki ragi yang usianya hingga puluhan tahun.



Simak Video "Si Asam Lembut Sourdough yang Jadi Incaran Banyak Orang"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)