Hi..! Makan Sashimi, Wanita Ini Temukan Cacing Hidup Di Mulutnya

Sonia Basoni - detikFood Rabu, 15 Jul 2020 13:00 WIB
Cacing di Mulut Wanita Foto: TASOTMAH
Jakarta -

Sashimi, sajian ikan mentah khas Jepang disukai banyak orang. Tapi wanita ini justru temukan cacing hidup di mulutnya usai menyantap sashimi.

Sashimi merupakan hidangan ikan mentah khas Jepang yang tak kalah populer dari sushi. Sajian ini berupa fillet ikan salmon, tuna, kakap atau jenis ikan lainnya yang diiris tipis. Disantap dengan cara mencocolkan dalam shoyu dan wasabi. Jutaan orang menyantap sashimi dan dianggap sebagai makanan yang tidak berbahaya.

Baca Juga: Nyam! Suplemen Ini Isinya Sashimi yang Menyehatkan

Cacing di Mulut WanitaCacing di Mulut Wanita Foto: iStock/TASOTMAH

Namun pengalaman berbeda dialami oleh seorang wanita di Tokyo, Jepang. Wanita yang identitasnya tidak disebutkan ini awalnya menyantap menu sashimi yang terdiri dari beberapa jenis irisan fillet ikan laut.

Dilansir dari Ladbible (07/15), wanita berusia 25 tahun ini awalnya merasakan sakit yang tak terduga di area mulut dan tenggorokannya selama lima hari. Rasa sakit itu ia rasakan setelah menyantap paket sashimi.

Akhirnya ia pergi ke rumah sakit untuk mengetahui penyebab rasa sakitnya. Namun dokter yang memeriksa terkejut karena menemukan cacing hitam kecil yang bergerak di amandel kirinya.

Cacing di Mulut WanitaCacing di Mulut Wanita Foto: iStock/TASOTMAH

"Hasil pemeriksaan darahnya cukup normal. Gejala sakit yang dialaminya mulai membaik setelah cacing dikeluarkan menggunakan pinset," tulis laporan medis.

Cacing hitam berukuran 3,8 cm ini ternyata merupakan parasit bernama Pseudoterranova azarasi. Cacing ini umum ditemukan di dalam ikan laut mentah atau ikan setengah matang.

Biasanya cacing parasit ditemukan di dalam perut, sehingga beberapa dokter cukup kaget ketika menemukan cacing itu hidup di mulut wanita tersebut.

"Cacing ini memiliki warna hitam, ukurannya sepanjang 38 cm dengan lebar 1 mm," lanjut laporan medis tersebut. Untungnya kondisi kesehatan wanita itu sudah pulih.

sashimisashimi Foto: iStock

Dokter juga menjelaskan bahwa cacing tersebut terbilang jarang ditemukan di dalam ikan mentah. Namun dokter mengingatkan untuk memasak daging ikan hingga matang, atau membekukannya dengan suhu sempurna untuk membunuh bakteri yang ada.

Kejadian seperti ini bukan pertama kalinya terjadi. Sebelumnya banyak kasus cacing parasit yang ditemukan di tubuh manusia karena konsumsi daging mentah.

Mulai dari cacing parasit yang bersarang di tubuh seorang wanita karena hobi makan daging babi mentah. Lalu ada juga penggemar daging ular mentah yang memiliki cacing pita bersarang di rongga matanya.

Baca Juga: Akibat Makan Daging Mentah, Orang-orang Ini Tubuhnya Digerogoti Cacing Pita



Simak Video "Nyobain Kue Pukis KFC, Rasanya Premium Banget!"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)