Contek 7 Tips Chef Meracik Mie Instan Agar Lebih Lezat

Riska Fitria - detikFood Rabu, 15 Jul 2020 08:00 WIB
Tips meracik mie instan Tips meracik mie instan Foto: iStock

3. Tambahkan Rumput Laut

Tips meracik mie instanTips meracik mie instan Foto: iStock

Rumput laut atau wakame sering dijadikan sebagai pelengkap mie instan. Anne Rider, seorang penulis masakan, chef sekaligus penguji resep juga memberi saran untuk menambahkan rumput laut.

Menurutnya, menambahkan rumput laut ke dalam racikan mie instan akan membuat aksen rasa lebih autentik. Selain itu, kamu bisa melengkapi dengan tambahan telur rebus setengah matang dan jamur shiitake yang dimasak dengan bawang putih.

Anna Rider juga menyarankan untuk menambahkan topping lain seperti acar wortel, daun ketumbar hingga daun bawang yang diiris tipis. Dengan tambahan beberapa bahan pelengkap tersebut tidak hanya membuat rasanya menjadi semakin lezat, tetapi juga aromanya lebih harum.

4. Tambahkan Keju dan Mayonnaise

Selain menambahkan kecap asin, Chris Riley juga memberikan tips meracik mie instan dengan menambahkan keju dan mayonnaise. Menambahkan kedua bahan tersebut akan membuat rasa mie instan lebih creamy.

Menurut chef Riley keju dan mie adalah pasangan yang dapat berkombinasi dengan baik. Ia menyarankan untuk menambahkan irisan keju cheddar atau serutan keju parmesan setelah mie dimasak beberapa menit.

Mayonnaise yang gurih creamy dan keju yang renyah gurih akan memberi rasa gurih yang spesial pada mie instan. Bisa juga ditambahkan keju lembaran saat mie instan sudah matang.

5. Gunakan Sisa Remahan Mie untuk Topping

Seorang koki asal Quebec, Romain Devanneaux memiliki tips meracik mie instan tersendiri. Dengan memanfaatkan sisa-sisa remahan mie untuk dijadikan sebagai topping. Menurutnya daripada membuangnya, lebih baik dimanfaatkan.

Romain mengatakan bahwa ia tidak pernah meracik mie instan secara utuh. Ia justru menyisakan sedikit mie kering untuk dijadikan sebagai topping. Menurutnya remahan mie kering ini memberikan sedikit tekstur renyah yang enak.

Ia juga menyarankan untuk memasukkan irisan wortel segar, keripik tortilla atau jenis keripik lainnya agar ada sensasi garing ketika menyantap mie. Jadi di sela-sela lentur mulur tekstur mie ada tekstur renyah yang enak.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3