Hagia Sophia Kini Jadi Masjid, 5 Kuliner Turki Ini Bisa Dicicipi Saat di Sana

Devi Setya - detikFood Selasa, 14 Jul 2020 18:00 WIB
Turkish bagels or simits or gevreks or koulouri Foto: Getty Images/iStockphoto/Yasemin Suçek
Jakarta -

Hagia Sophia baru saja berubah status menjadi masjid. Bangunan bersejarah ini menjadi destinasi pelancong saat datang ke Turki. Buat foodies, bisa juga jajan kuliner khas Turki yang enak.

Hagia Sophia atau Aya Sophia atau dikenal juga dengan sebutan Masjid Biru memiliki sejarah yang sangat panjang. Bangunan megah yang didirikan sejak tahun 537 M sampai 1453 M ini awalnya dibangun sebagai gereja, kemudian diubah menjadi masjid, museum dan kembali lagi menjadi masjid.

Bangunan ini sempat menjadi katedral terbesar di dunia hampir selama seribu tahun. Pemerintah Turki memutuskan mengubah Hagia Sophia kembali menjadi masjid. Meski mendapat pro dan kontra tapi keputusan ini sudah ditetapkan.

Berkunjung ke Hagia Sophia, kurang lengkap rasanya tanpa menyambangi destinasi kuliner. Turki terkenal memiliki ragam kuliner yang khas dan unik. Di Indonesia mungkin terkenal dengan kebabnya, namun ada lagi deretan kuliner enak yang tak boleh dilewatkan.

Berikut beberapa makanan khas Turki yang bisa dicoba saat berkunjung ke Hagia Sophia.

1. Borek

Turkish bagels or simits or gevreks or koulouriTurkish bagels or simits or gevreks or koulouri Foto: Getty Images/iStockphoto/Yasemin Suçek


Makanan khas Turki yang pertama adalah borek,kudapan ini tak boleh dilewatkan karena rasanya unik dan autentik. Borek banyak dijajakan di kafe atau restoran di Turki termasuk yang berlokasi di dekat Hagia Sophia.

Borek memiliki tampilan yang mirip dengan baklava namun punya cita rasa gurih. Isiannya ada keju, daging sapi cincang, sayur bayam dan kentang. Isian ini kemudian dibungkus menggunakan pastry khas Turki yang ditaburi wijen hitam di atasnya.

Masyarakat Turki biasa menjadikan borek sebagai kudapan pengganjal perut atau teman minum teh sore. Kudapan ini kabarnya sudah ada sejak zaman Kekaisaran Utsmaniyah dan hingga kini masih populer dan banyak diminati.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3