7 Kebiasaan Makan yang Salah Tapi Sering Dilakukan

Yenny Mustika Sari - detikFood Kamis, 09 Jul 2020 09:00 WIB
7 Kebiasaan Makan yang Harusnya Tidak Dilakukan Foto: iStock
Jakarta -

Tanpa disadari beberapa kebiasaan makan yang salah tapi sering dilakukan. Mulai dari minum air putih setelah makan hingga makan sambil nonton televisi.

Banyak kebiasaan makan yang salah jadi kebiasaan untuk sebagian orang. Kebiasaan tersebut meliputi cara makan yang kurang tepat. Seperti minum satu gelas air putih setelah selesai makan. Lalu ada juga kebiasaan menyantap makanan sambil menonton televisi. Mungkin kamu sering melakukan tanpa menyadari akibatnya.

Dilansir dari Bright Side, ada 7 kebiasaan makan yang salah tapi sering dilakukan oleh banyak orang. Beberapa kebiasaan makan tersebut bisa menimbulkan gangguan kesehatan karenanya harus mulai dihindari.

Baca Juga: 7 Trik Dapur Prakits, Kupas Telur hingga Simpan Alpukat

1. Minum Segelas Air Putih Setelah Makan

7 Kebiasaan Makan yang Harusnya Tidak Dilakukan7 Kebiasaan Makan yang Harusnya Tidak Dilakukan Foto: iStock

Banyak yang menyebutkan kalau minum segelas air putih sebaiknya setelah selesai makan. Ini agar kita tidak akan cepat merasa kenyang, sehingga makanan bisa dihabiskan.

Tapi ternyata kebiasaan ini tidak tepat. Lebih baik meminum air putih sedikit demi sedikit saat sedang menyantap makanan. Karena hal ini akan membantu kamu yang sedang diet. Kamu akan merasa kenyang lebih lama, ketimbang meminum segelas air putih setelah makan yang akan membuat perut kembung.

2. Minum Air Dingin

7 Kebiasaan Makan yang Harusnya Tidak Dilakukan7 Kebiasaan Makan yang Harusnya Tidak Dilakukan Foto: iStock

Cukup minum air putih sangat dianjurkan, bahkan dalam sehari harus menghabiskan sekitar 2 liter atau 8 gelas air putih. Namun hindari minum air dingin karena meski menyegarkan tenggorolan, nyatanya kurang baik untuk tubuh.

Menurut sebuah penelitian, minum air dingin dapat memperburuk masalah pada pencernaan seperti akalasia. Terjadi gangguan saraf dalam saluran pencernaan sehingga sulit untuk mencerna makanan dan cairan masuk ke dalam perut.

3. Menyimpan Tomat

7 Kebiasaan Makan yang Harusnya Tidak Dilakukan7 Kebiasaan Makan yang Harusnya Tidak Dilakukan Foto: iStock

Tomat merupakan buah-buahan yang banyak dijadikan campuran makanan. Tomat punya banyak kandungan nutrisi, salah satunya vitamin C. Untuk menyimpan tomat, banyak orang bingung dengan suhu idealnya.

Dilansir dari Bright Side, sebaiknya simpan tomat dalam suhu 55°F atau 12°C. Kalau kurang atau lebih dari itu bisa menyebabkan tomat rusak dan akhirnya membusuk. Sebaiknya jangan mencuci tomat jika akan disimpan lama. Tetesan air akan mepercepat tomat busuk.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Masak Masak: Tips Bikin Cireng Kuah Rumahan"
[Gambas:Video 20detik]