Gadis Jepang Ini Curhat Uniknya Budaya Makan di Indonesia

Devi Setya - detikFood Kamis, 09 Jul 2020 08:00 WIB
gadis jepang curhat Foto: twitter @moenonc
Jakarta -

Tinggal di negeri orang tentu perlu banyak penyesuaian budaya. Seperti gadis Jepang ini curhat uniknya budaya makan di Indonesia.

Gadis asal Jepang bernama Moenon berbagi keseruan tinggal di Indonesia. Lewat twitternya, ia membeberkan perbandingan kebiasaan di Indonesia dan di Jepang. Ia juga mengaku risih karena sering ditanya "sudah makan atau belum?".

Moenon adalah gadis asli Jepang yang kini tinggal di Jakarta. Karena tinggal di tempat dengan budaya berbeda, Moenon sempat merasa kaget dengan kebiasaan orang Indonesia. Lewat cuitan twitternya, Moenon membagikan perbandingan budaya masyarakat Indonesia dan Jepang. Ia juga banyak menyoroti soal pola makan dan kebiasaan makan yang dilakukan di Indonesia.

Cuitan yang banyak menyita perhatian adalah ketika ia merasa risih saat orang Indonesia banyak yang bertanya "sudah makan atau belum?". Pertanyaan simpel ini ternyata membuat Moenon tak nyaman.

gadis jepang curhatgadis jepang curhat Foto: twitter @moenonc


Baca juga : Laris Manis! 5 Bule Ini Jadi Penjual Es Pisang Ijo dan Takoyaki


"Hal-hal yang bikin aku sulit di Indonesia. 1. Sering ditanya "sudah makan belum" (di Jepang biasanya gak tanya)," kata Moenon.

Dari cuitan ini banyak orang Indonesia yang membantu mencarikan solusi saat sering ditanya "sudah makan atau belum?". Ada belasan netizen yang menyarankan Moenon untuk menjawab "sudah makan" meskipun ia belum makan.

gadis jepang curhatgadis jepang curhat Foto: twitter @moenonc


"Klo basa basi sudah jdi budaya "Baik ke semua orang" disini hehe," kata netizen.

"Karena di Indonesia itu lebih mementingkan adab dan perilaku yang baik kepada orang lain, karena itu jangan heran kenapa banyak turis yang nyaman di Indonesia," sahut netizen.

"Tips... Nomor 1 harus dijawab, "sudah makan, terima kasih," kata netizen memberikan solusi.

Tak hanya soal pertanyaan "sudah makan atau belum" Moenon juga kerap bercerita keunikan cara makan orang Indonesia yang tak lazim dilakukan oleh orang Jepang.

"Hal yang bikin aku kaget di Indonesia sebagai orang Jepang. Masuk angin. Di Jepang gak ada masuk angin. Kalau demam, sakit perut, sakit kepala, ingusan, etc... Kalo di Jepang semuanya penyakit flu. Tapi emang bedanya apa ya flu dan masuk angin?" tanya Moenon.

Dara yang sudah mahir berbahasa Indonesia ini juga pernah mengeluh soal sulitnya makan nasi pakai tangan. Di Indonesia, makan menggunakan tangan sudah jadi kebiasaan, tapi bagi masyarakat Jepang ternyata cara ini dianggap unik.

"Org Indonesia jago bgt mkn dgn tangan (Biasanya org Jepang gk pake tangan.Ak udh coba mkn pake tangan.Tapi susah apalagi mkn nasi.Krn gk bs kepal satu tangan)," curhat Moenon.

gadis jepang curhatgadis jepang curhat Foto: twitter @moenonc


Baca juga : Kocak! Makan Sereal Pakai Wadah Cobek, Bule Ini Kepedasan


Ia juga berkisah soal air keran di Indonesia yang tak bisa diminum langsung. Lain dengan di Jepang yang air kerannya bisa langsung dikonsumsi.

Moenon juga mengatakan senang berada di Indonesia karena masyarakatnya selalu terlihat bahagia dan santai. Ia bahkan mengunggah beberapa foto yang menunjukkan betapa santainya orang Indonesia, termasuk foto anak kecil yang tertidur pulas di lantai stasiun kereta.



Simak Video "Sisca Soewitomo: Puluhan Tahun di Dunia Kuliner, Saatnya Gantung Panci"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)