Korean Garlic Cheese Bread Tengah Viral, Awalnya Jajanan Kaki Lima

Yenny Mustika Sari - detikFood Rabu, 08 Jul 2020 15:00 WIB
Korean Garlic Cheese Bread yang Viral Foto: YouTube / Foody Trip
Jakarta -

Korea Selatan punya banyak makanan enak. Seperti halnya Korean garlic cheese bread yang tengah viral ini. Padahal dulunya cuma jajanan kaki lima.

Saat ini Korean garlic cheese bread sedang jadi perbincangan hangat di kalangan foodies. Kreasi ini berupa roti bun berisi keju krim atau cream cheese dan saus bawang putih yang gurih wangi.

Banyak penjual roti online di Indonesia kini menawarkan Korean garlic cheese bread. Tak hanya varian original saja, ada juga yang diberikan tambahan daging asap, sosis, abon, dan lainnya.

Menilik faktanya, roti gurih ini berasal dari Korea Selatan. Awalnya dijajakan salah satu gerai street food yang berlokasi di Stasiun Gangnam, Seoul, Korea Selatan.

Korean Garlic Cheese Bread yang ViralKorean Garlic Cheese Bread yang Viral Foto: YouTube / Foody Trip


Baca Juga: Resep Korean Garlic Cheese Bread ala Yongki Gunawan

Lewat channel YouTube Foody Trip (5/5), kita akan diajak melihat bagaimana proses pembuatan Korean garlic cheese bread yang asli. Roti bun yang teksturnya renyah di luar namun lembut dibelah menjadi 6 bagian. Setelah itu, diberi isian keju krim di keenam sisinya.

Kemudian roti bun berisikan keju krim dicelupkan ke dalam campuran mentega leleh, keju dan bawang putih. Penjual Korean garlic cheese bread asli Korea tersebut memastikan semuanya sisi roti terlumuri saus bawang putih. Kemudian di atasnya diberikan taburan keju parmesan dan barulah dipanggang di dalam oven.

Korean Garlic Cheese Bread yang ViralKorean Garlic Cheese Bread yang Viral Foto: YouTube / Foody Trip


Roti tersebut dibanderol dengan harga 3.900 won (Rp 47.000). Melihat dari tampilan aslinya, Korean garlic cheese bread teksturnya renyah di luar namun tetap lembut di dalamnya.

Keju krim di bagian tengah akan membuat roti tersebut creamy serta saus bawang putih yang berlimpah menambah aroma dan rasa gurih. Untuk orang Korea yang suka makan bawang putih, roti ini jadi favorit.

Kini Korean garlic cheese bread jadi salah satu makanan yang diburu banyak orang di Indonesia. Mulai dari usaha rumahan hingga toko roti besar menjual varian roti gurih tersebut. Harganya juga beragam, ada yang dibanderol mulai dari Rp 20.000 hingga Rp 55.000.

Korean Garlic Cheese Bread yang ViralKorean Garlic Cheese Bread yang Viral Foto: YouTube / Foody Trip


Chef pastry senior Yongki Gunawan pun juga sempat membagikan resep Korean garlic cheese versinya sendiri di siaran langsung Instagram miliknya @yongki_gunawan_kue. Kini resep tersebut juga sudah beliau unggah di channel YouTube miliknya.

Yongki Gunawan memberikan tips membuat Korean garlic cheese bread agar rasa dan teksturnya bagus. Ia menyarankan untuk menggunakan roti yang keras sehingga ketika digigt tekstur garlic bread pada umumnya tetap terasa. Ia juga menyarankan tidak menggunakan varian roti manis karena rasanya kurang pas.

Baca Juga: Tips Bikin Korean Garlic Cheese Bread yang Viral dari Yongki Gunawan



Simak Video "Tips Bikin Korean Garlic Cheese Bread yang Kekinian"
[Gambas:Video 20detik]
(yms/adr)